TEKNIK PAKU MEMORI

A.  Identitas Buku



Judul Buku             : Anak Cerdas Dengan Daya Ingat Kuat
Penulis                    : Femi Olivia
Tahun Terbit           : 2011
Kota Terbit             : Jakarta
Penerbit                  : PT. Elex Media Komputindo
Tebal Buku             : viii + 152 Halaman

B.  Ringkasan Isi Buku

Seorang anak dilahirkan dengan memiliki 100 miliar neuron dan satu triliun sel glia (sel sarang yang melindungi dan memberi makan neuron). Jika jumlah sel otak tersebut dioptimalkan, maka otak anak akan berlipat-lipat kemampuannya, jauh melebihi kemampuan komputer terkini. Kuncinya, stimulasi!. Semakin sering stimulasi diberikan, semakin kuat daya ingat anak.

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin selalu memberikan yang terbaik bagi anak, namun saat memberikan stimulasi pada anak, kita juga harus menyesuaikan dengan tahapan usia anak. Dengan begitu, stimulasi yang diberikan tidak berlebihan dan tidak membuat anak bosan. Selain itu,suatu hal yang perlu diingat juga bagi orang tua adalah sebaiknya bertindak sebagai teman berlatih yang meyenangkan bagi anak dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, orang tua lebih melibatkan diri dalam perkembangan intelektual anak.

Salah satu metode yang cocok digunakan ketika memberikan stimulasi kepada anak adalah metode 3PSUT, yang merupakan singkatan dari Pancing (bangkitkan dulu minat anak tentang daya ingat dan terangkan mengapa daya ingat yang baik itu penting dan gunakan kreativitas anda!), Pandu (dampingi anak saat beraktivitas, dan beri bantuan seperlunya saat menulis dan menggambar), Periksa (cek seberapa besar daya tangkap dan daya ingat anak), Santai (jangan terlalu memaksa anak bisa mengingat banyak kata dalam waktu singkat), Usaha (biarkan anak berusaha sendiri untuk meningkatkan memorinya setiap hari), dan Tawa (bergemberilah saat beraktivitas bersama).

Ketika anak akan mengingat deretan banyak kata, maka anak perlu diajarkan mengenai teknik memori sederhana, misalnya teknik paku memori. Teknik paku memori pada prinsipnya merupakan item-item yang diingat dalam pikiran dipaku ke (asosiasi dengan) imajinasi tertentu dalam perintah yang sudah diatur sebelumnya. Item-item yang diingat diasosiasikan dengan item konkret yang teringat sebelumnya, sehingga menciptakan sebuah jenis sistem pengisian pikiran. Dengan kata lain, teknik paku memori adalah rangkaian standar kata-kata (benda konkret) yang dipelajari dan item yang akan diingat dihubungkan pada paku dengan imajinasi visual. Terdapat dua teknik paku memori, berikut beserta contohnya ketika mengingat angka yaitu:

1.      Paku memori bunyi (persamaan bunyi)
Satu = Batu
Dua = Gua
Tiga = Mentega
Empat = Ketupat
Lima = Delima
Enam = Senam
Tujuh = Keju
Delapan = Papan
Sembilan = Bulan
Sepuluh = Bulu

2.      Paku memori gambar (visual)
Satu = Lilin
Dua = Cacing
Tiga = Kelelawar
Empat = Kapal layar
Lima = Bintang
Enam = Ikan
Tujuh = Payung
Delapan = Boneka salju
Sembilan = Bunga
Sepuluh = Pemukul bola

Selain dua teknik memori di atas, bisa juga dengan cara membuat visualisasi dan cerita konyol. Misalnya, anak diminta untuk mengingat kata-kata berikut, kura-kura, kok, terompet, stroberi. Dengan teknik yang berikut ini, anak diberikan sebuah gambar/visualisai yang berbagai warna serta diberikannya cerita konyol, seperti berikut:




Seekor kura-kura berjalan keluar dari sebuah kok. Kok tersebut tersangkut pada mulut terompet yang ditiup oleh buah stroberi besar.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel TEKNIK PAKU MEMORI ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 27 November 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan TEKNIK PAKU MEMORI
 

0 comments:

Post a Comment