E-BOOK: RINGAN DAN PRAKTIS

Cover Buku Panduan Lengkap E-Book Karya D. Haris

A.  Identitas Buku

Judul Buku             : Panduan Lengkap E-Book
Penulis                    : D. Haris
Tahun Terbit           : 2011
Penerbit                  : Cakrawala
Kota Terbit             : Yogyakarta
Tebal Buku             : 136 Halaman

B.  Ringkasan Isi Buku

E-book atau electronic book, dalam bahasa Indonesia menjadi buku-e (singkatan dari buku elektronik) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku-e berisikan informasi digital yang juga daoat berwujud teks dan gambar.

Menurut Wikipedia, e-book (atau disebut juga e-book, ebook, buku digital) adalah kumpulan teks dan gambar yang berbentuk digital yang dipublikasikan dan dibaca pada komputer atau alat pembaca digital lainnya. Sedangkan, menurut The Oxford Dictionary of English, e-book adalah versi elektronik dari sebuah buku cetak, tetapi e-book dapat eksis tanpa di-orint out, dan e-book biasanya dibaca pada alat khusus yang disebut e-book reader, PC dan sebagaian telepon seluler dapat juga digunakan untuk membaca e-book.

Kepopuleran e-book tidak terlepas dari kemunculan aneka e-book reader yang dimulai sejak tahun 2003, dengan perintisnya Sony Librie dengan sampul kulit ala buku. Akan tetapi, layarnya masug monokrom dan sampai saat ini produk Sony tersebut dikenal dengan nama Sony Reader. Selain itu, software pembaca e-book yang lainnya, seperti: Adobe Acrobat Reader, MS Reader, Mobipocket Reader, dab Calibre.

Sebagai sebuah produk teknologi, tentunya e-book mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut akan diuraikan kelebihan dan kekurangan e-book:

Kelebihan
Kekurangan
Ukuran fisik kecil sehingga mudah untuk disimpan dan tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar)
Harus mudah digunakan, e-book digunakan oleh orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan kultur, oleh karena itu sistem e-book harus mudah digunakan.
Mudah dibawa, karena penyimpanan e-book dapat berupa cakram DVD, USB, dan media lainnya.
Harus portable, e-book sebaiknya dapat digunakan oleh semua alat pembaca, sperti komputer, Personal Digital Assistant (PDA), misalnya Palm, dan sebagainya.
Tidak lapuk seperti halnya buku biasa, karena format digital dari e-book dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
Format e-book harus standar, karena ketika tidak ada standar maka akan menyulitkan pembaca yang harus menggunakan standar berbeda-beda, dan ini juga berarti harus membeli e-book reader yang berbeda pula.
Gampang diproses, isi e-book dapat dilacak atau dijelajahi dengan mudah dan cepat.
Harga harus terjangkau, meskipun harga e-book lebih murah dibandingkan dengan buku, akan tetapi harga perangkat pembaca e-book masih mahal.
Dapat dibaca oleh orang yang tidak mampu/tidak bisa membaca. Hal ini karena format e-book dapat diproses oleh komputer, isi e-book dapat dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speecg syntheizer.
Mempunyai baterai yang tahan lama dan tidak bergantung pada listrik. Perangkat pembaca e-book harus menggunakan baterai agar bisa dibawa ke mana-mana.
Mudah digandakan. Untuk penggandaan ribuan e-book sangat mudah, murah, dan cepat.
Harus tahan banting, jika buku konvensional dapat dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana tanpa ketakutan akan rusak yang berlebihan, akan tetapi perangkat pembaca e-book masih sensitif.
Mudah dalam pendistribusian. Pendistribusian dapat menggunakan media seperti interner sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.
Ramah terhadap mata pembaca. Saat ini teknologi layar kmputer nasih membuat mata orang lelah jika membaca untuk jangka waktu yang lama.
Interaktif, e-book mampu menyampaikan informasi yang interaktif kepada pembacanya karena dapat ditampilkan ilustrasi multimedia.
Hak cipta, e-book yang dikemas dalam format digital sangat mudah untuk diduplikasi (copy) tanpa merusak sumbernya, yang mana mempunyai kualitas yang sama dengan aslinya.
Kecepatan publikasi, dibandingakn dengan buku yang rata-rata memerlukan waktu 1-3 bulan, publikasi e-book hanya memerlukan waktu beberapa jam saja.

Ragam e-reader. Banyak sekali e-book reader yang tersedia di pasaran, baik melalui PC, gadget e-reader, dan lainnya.

Mendukung penghijauan, dengan e-book bisa meminimalisir penebangan pohon, karena dengan e-book tidak lagi memerlukan bahan kertas.


E-book dapat dibuat dengan mudah dan gratis dengan menggunakan freeware yang banyak bertebaran di dunia internet. Adapun untuk dapat membuat sebuah e-book, hanya diperlukan 3 langkah singkat yaitu:

1.      Menyiapkan bahan tulisan
Banyak sekali bahan tulisan yang dapat kita olah menjadi sebuah e-book. Misalnya kumpulan cerpen, puisi, artikel, tutorial, ide, gagasan, atau yang lainnya yang dianggap bisa menjadi bahan dalam pembuatan e-book. Untuk menyiapkan bahan tulisan, bisa disiapkan melalui program pengelolaan kata seperti Notepad, Wordpad, atau MS Word (Word Processor)

2.      Produksi

a.       Software
Setelah bahan tulisan ada, isi dari tulisan tesebut dapat diolah menjadi sebuah e-book dengan menggunakan program. Dari yang paling simple dengan format .pdf, .lit, .epub, .prc yang menggunakan software yang bersifat freeware dan legal digunakan secara resmi.

b.      Cover e-book
Untuk mempercantik tampilan e-book ataupun untuk promosi e-book, kita bisa mempersiapkan cover e-book layaknya cover buku yang ada di toko buku, cover e-book haruslah dibuat semenarik mungkin. Untuk membuat cover e-book bisa dilakukan secara online melalui situs http://ezinefire.com/cover atau dilakukan secara offline dengan menggunakan software 3D Box Shot Maker (bisa diunduh di http://www.bosseye.com/boxshotindex.htm.

3.      Menjual dan promosi
Jika tujuan membuat e-book adalah sebagai penghasilan tambahan, maka perlu adanya suatu promosi penjualan beserta cara-caranya, ke situs-situs penjualan e-book, seperti: www.ebook.com dan www.ebookmall.com. Sedangkan, jika bukan untuk dijual, hanya sebagai sarana sharing dan aktualisasi diri maka hanya perlu mempromosikan diri kepada rekan kita, sehingga ide kita dapat tertuang dalam e-book tersebut dapat tersampaikan.

Berikut beberapa situs download e-book gratis:

     http://www.ekstragratis.blogspot.com

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel E-BOOK: RINGAN DAN PRAKTIS ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 21 November 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan E-BOOK: RINGAN DAN PRAKTIS
 

0 comments:

Post a Comment