SOGE = SUGIH...??

Desa Soge, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu...

Tak pernah kebayang sebelumnya tuk menginjakkan kaki di desa ini. Tahu namanya saja, baru ketika awal perkuliahan, ketika perkenalan satu per satu dari teman sekelas, tetapi kalau Indramayu-nya sich sudah tidak asing lagi di telinga. Kota yang memiliki julukan kota mangga. Kalau di pelajaran tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” kelas 4 disebutkan penghasil mangga jenis Cengkir.

Soge..

Terlintas dalam pikiran, kalau kata Soge homofon dengan kata SUGIH dalam bahasa jawa, yang artinya kaya. Mungkin, desa ini memiliki kekayaan yang melimpah ruah, baik hasil buminya, maupun yang lainnya. Yapz.. betul banget, desa ini memang kaya, ketika kita pertama masuk di desa ini, kita di sambut dengan hamparan padi yang mulai menguning, dan para petani yang sedang memanennya. Bukan hanya itu, selain pertanian padi, kita juga disuguhi dengan petak-petak sawah yang sudah beralih fungsi menjadi tambak ikan. Bahkan, kekayaan yang mungkin tidak dimiliki oleh desa lain adalah minyak atau gas alamnya. Di desa Soge terdapat pipa gas yang membentang, dan terdapat pipa yang menyemburkan api, katanya sich apa tak kunjung pada. Meskipun hujan, api ini tetap akan menyala.    

Ketika mentari masih di ufuk timur, pemandangan desa Soge diwarnai dengan berbagai aktivitas masyarakat terkait dengan pertanian, mulai dari menjemur padi di halaman, hingga lalu lalang masyarakat yang hendak pergi ke sawah, dengan berboncengan sepeda motor dengan membawa mesin penggiling padi, serta yang dibonceng menghadap belakang, bahkan ada yang secara rombongan naik mobil bison (elf).      

Tetapi...

Dibalik keindahan sawah dengan hamparan padi yang sudah menguning di samping kanan dan kiri, ternyata butuh perjuangan tuk memasuki desa Soge. Kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit dari jalan raya pertama kali kita masuk. Kondisi jalan yang belum di aspal, dengan bebatuan, ditambah dengan jalan penuh lumpur dan genangan air karena habis hujan. Jangan berharap, mobil yang pertama kita tumpangi bersih dan kinclong, akan kembali seperti itu ketika sampai di Soge, yang ada mobil akan berdebu bahkan berlumpur. Selain itu, bau tak sedap dan lalat-lalat yang berterbangan pun sempat menghiasi perjalan kita. Yach... di tengah-tengah perjalanan, terdapat Tempat Pembungan Akhir (TPA) dengan segunungan sampah. Jadi, ketika sampai di TPA ini, kaca mobil wajib di tutup, agar lalat-lalat tidak masuk.

Berdasarkan informasi yang kita peroleh dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu ketika berkunjung ke sana, Soge merupakan daerah terpencil, atau lebih kerennya sekarang disebut daerah 3T, dan ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Indramayu. Menurut Kadisdik, ada beberapa alasan Soge menjadi daerah 3T, selain infrasturktur yang seperti cerita di atas, transportasi untuk masuk ke desa ini pun menjadi pertimbangan. Yach.. trasportasi andalan dan satu-satunya desa ini adalah ojek, tidak ada angkutan umum masuk desa ini, serta butuh uang Rp. 30.000,00 untuk pulang-pergi, itupun hanya dari jalan raya pertama kali mau masuk desa Soge.

Semoga, nantinya bisa kembali berkunjung ke desa Soge. Tentunya dengan harapan, Soge yang yang lebih dan lebih. Jalanan akses masuk sudah  tidak membuat orang bergoyang-goyang ketika menaiki mobil, serta tidak ada lagi lalat-lalat berterbangan yang mengganggu mata ketika menikmati keindahan hamparan padi yang sudah menguning.


Amin...!!!

Soge dalam foto

Hamparan padi yang menguning


Kondisi sungai di tepi jalan menuju Soge setelah hujan 


Kondisi jalan menuju Soge


Kilang gas Pertamina 


Semburan api dari pipa gas


Tempat Pembungangan Akhir (TPA)


Tempat Pembungangan Akhir (TPA)


Siswa SD Negeri Soge


Foto bersama dengan siswa SD Negeri Soge


Rapat Koordinasi dengan kepala SD Negeri Soge


Foto bersama dengan kepala dan guru SD Negeri Soge


Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SOGE = SUGIH...?? ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Tuesday 8 November 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SOGE = SUGIH...??
 

0 comments:

Post a Comment