GEN: SI KECIL CABAI RAWIT

Sampul Buku "Rahasia Keajaiban Gen"

A.  Identitas Buku
Judul Buku             : Rahasia Keajaiban Gen
Penulis                    : Sitiatava Rizema Putra
Tahun                     : November 2012
Penerbit                  : Bukubiru
Kota Terbit             : Jogjakarta
Tebal Buku             : 168 Halaman

B.  Ringkasan Isi Buku
Gen dapat dianalogikan sebagai cabai rawit yang kecil tapi pedas luar biasa. Begitu pula gen, meskipun bentuknya kecil, karena memang gen merupakan benda terkecil di dalam kromosom, gen memiliki sejuta keajaiban dahsyat yang tidak dimiliki oleh organ-organ vital lainnya. Gen merupakan substansi hereditas, di mana gen memegang peranan penting dalam penurunan/pewarisan sifat dalam hereditas. Itu artinya, sifat-sifat yang dimiliki anak merupakan warisan dari orang tua melalui gen. Tidak hanya sifat-sifat saja yang dapat diwariskan melalui gen, tetapi berbagai penyakit pun juga bisa diwariskan, seperti penyakit kebutaan, saraf, luka sulit kering (darah keluar terus, hemofili), serta berbagai macam penyakit lain.

Gagasan tentang gen pertama kali dikemukakan oleh seorang pendeta Moravia yang bernama Gregor Mendel, dengan menerbitkan penelitiannya mengenai kacang polong pada tahun 1865, pendeta ini berspekulasi bahwa adanya suatu bahan yang terkait dengan suatu sifat atau karakter di dalam suatu tubuh individu (manusia, hewan, tumbuhan) yang dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, ia menyebutnya sebagai faktor.

Gen yang merupakan unit pewaris sifat bagi organisme hidup, tersusun atas DNA dan RNA. Yang mana gen memiliki sifat dan fungsi sebagai berikut:
Sifat
Fungsi
Sebagai zarah tersendiri yang terdapat dalam kromosom
Menyampaikan informasi genetika dari generasi ke generasi
Mengandung informasi genetik
Menentukan sifat-sifat pada keturunannya
Dapat menduplikasi diri saat terjadi pembelahan sel
Mengontrol dan mengatur metabolisme dan perkembangan tubuh
Mempunyai tugas khusus sesuai fungsinya

Kerjanya ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya


Dalam kehidupan sehari-hari, bentuk nyata dari kerja gen tampak pada ciri fisik yang melekat pada diri, misalnya bentuk tubuh, raut muka, warna rambut, warna kulit, itelegensia, bakat, sifat-sifat, dan penyakit. Terkait dengan bentuk tubuh dan warna kulit misalnya, ada anak yang memiliki bentuk tubuh gemuk seperti ibunya, wajah seperyi bapaknya, rambut keriting, dan warna kulit putih seperti ibunya. Jika anak yang pembawaan gemuk seperti ini, bagaimanapun susah hidupnya nanti, ia akan sulit menjadi kurus. Sebaliknya, sedikit saja ia makan, ia akan mudah menjadi gemuk. Demikian juga anak yang berambut keriting, sekeras apapun usaha yang dilakukan untuk meluruskannya, pada akhirnya rambutnya akan kembali menjadi keriting.

Gen yang merupakan pembawa informasi genetik kepada generasi berikutnya, ternyata gen menyimpan sejumlah rahasia ajaib yang mungkin belum banyak kita ketahui. Berbagai penelitian dan temuan di dunia modern ini telah mengonfirmasi bahwa gen manusia benar-benar merupakan tanda-tanda kekuasaan Tuhan yang terhampar dalam diri manusia. Berikut rahasia dan keajaiban dari gen manusia:
1.      Gen manusia warisan dari Neanderthal
2.      Gen manusia sama dengan gen terumbu karang
3.      Gen Bornavirus ada dalam DNA manusia
4.      Gen manusia sama dengan gen alien
5.      Gen manusia hampir sama dengan simpanse dan bonobo
6.      Gen manusia hampir sama dengan gen kanguru
7.      Mutasi gen dapat menciptakan manusia serigala

Selain itu, keajaiban gen yang lainnya adalah di dalam DNA manusia terdapat ayat suci Al-Qur’an, sebagaimana yang diungkap oleh Dr. Ahmad Khan, seorang lulusan summa cumlaude dari Duke University serta seorang ilmuwan yang kapasitasnya telah diakui secara internasional. Melalui penelitiannya, ia berhasil membuktikan keterkaitannya antara Al-Qur’an dan rancang struktur tubuh manusia. Dalam temuannya didapat informasi lain selain konstruksi polipeptida yang dibangun dari kodon DNA, yang mana penelitian pertamanya di dorong oleh Qs. Fushshilat ayat 53, yang juga dikuatkan dengan hasil-hasil penemuan Profesor Keith Moore, ahli embriologi dari Kanada.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel GEN: SI KECIL CABAI RAWIT ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Saturday 19 November 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan GEN: SI KECIL CABAI RAWIT
 

0 comments:

Post a Comment