Mengukur Luas Permukaan Benda Dengan Satuan Tidak Baku



MENGUKUR LUAS PERMUKAAN BENDA
DENGAN ALAT UKUR TIDAK BAKU

Mengukur luas permukaan suatu benda dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan alat ukur baku dan alat ukur tidak baku. Alat ukur tidak baku merupakan alat ukur yang tidak mempunyai kepastian ukuran, artinya ketika kita mengukur luas permukaan suatu benda dengan dua alat ukur tidak baku yang berlainan, misalnya dengan buku dan daun kita akan mengukur luas permukaan sebuah meja, maka akan dihasilkan luas permukaan yang berbeda. Contoh lain dari alat ukur tidak baku seperti: korek api, kertas lipat, HVS, buah jeruk, pensil, atau tusuk gigi. Sementara, alat ukur baku merupakan alat ukur yang sudah pasti ukurannya, seperti penggaris dan meteran.

Media Pembelajaran:
Buku, daun, kertas HVS dan kertas lipat.
 
Kegiatan Pembelajaran:
1.      Menentukan benda yang akan diukur luas permukaannya, Seperti meja.
2.      Kumpulkan buku tulis milik temanmu, pilihlah buku yang berkukuran sama.
3.      Susunlah buku tulis di atas meja secara beraturan dan saling berimpit, sehingga seluruh permukaan meja tertutup rapat oleh buku tulis.
4.      Hitunglah berapa banyak buku tulis yang menutup meja.
5.      Tulislah hasil pada tabel yang telah disediakan.
6.      Ulangi langkah satu sampai lima dengan alat ukur baku yang lainnya (daun dan kertas lipat) serta benda yang yang akan diukur.
No.
Benda yang diukur
Jumlah Satuan
Buku tulis
Daun
Kertas HVS
Kertas Lipat
1
Meja




2
Taplak meja




3
Ubin





Refleksi Pembelajaran:
Mengukur luas permukaan benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku merupakan lang
kah awal atau penanaman konsep awal untuk menghitung luas permukaan benda dengan alat ukur baku. Karena, dalam kegiatan ini ternyata siswa dapat menemukan sendiri rumus luas persegi panjang. Selain itu, dengan kegiatan ini siswa menjadi aktif.

Dokumentasi Pembelajaran:








Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengukur Luas Permukaan Benda Dengan Satuan Tidak Baku ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Friday 7 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengukur Luas Permukaan Benda Dengan Satuan Tidak Baku
 

0 comments:

Post a Comment