Presentasi Upaya Melatih Keberanian Peserta Didik



PRESENTASI UPAYA MELATIH KEBERANIAN PESERTA DIDIK

Presentasi merupakan kegiatan menyampaikan ide atau gagasan di depan orang lain. Di dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan presentasi biasanya dilakukan ketika selesai melakukan diskusi kelompok, melakukan observasi atau pengamatan, serta setelah melakukan tugas berbasis proyek.
Kegiatan presentasi setidaknya dilakukan oleh tiga orang, yaitu sebagai moderator, notulen, dan penyaji materi. Moderator merupakan orang yang bertugas untuk membuka dan menutup presentasi, serta mengatur jalannya presentasi. Notulen disebut juga sebagai sekretaris, tugasnya yakni mencatat pertanyaan yang disampaikan oleh pendengar serta membuat sebuah kesimpulan dari kegiatan presentasi yang telah dilakukan. Penyaji materi yaitu orang yang bertugas menyampaikan apa yang menjadi pokok pembahasan, bisa dikatakan penyaji materi adalah narasumber.
Di tingkat Sekolah Dasar presentasi merupakan kegiatan yang perlu diajarkan kepada peserta didik. Karena dengan kegiatan presentasi, peserta didik dapat dilatih keberanian untuk berbicara di depan umum. Akan tetapi, seoarang guru sebelum kegiatan presentasi dimulai, peserta didik diberikan arahan bagaimana tugasnya seorang moderator, seorang notulen dan seorang penyaji, serta memberikan contoh cara membuka dan menutup kegiatan presentasi, seperti berikut ini:
·      Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kami dari kelompok ……………. akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami tentang …………….,  Sebelumnya perkenalkan nama saya ……………. sebagai moderator, Di samping saya ……………. sebagai notulen, dan ……………. sebagai penyaji.
Langsung saja hasil diskusi kami akan dibacakan oleh …………….
·      (penyaji membacakan hasil diskusi)
·      Terimah kasih disampaikan kepada penyaji, demikian pembacaan hasil diskusi kami, apakah ada pertanyaan dari teman-teman semuanya
·      (sesi tanya jawab)
·      Demikian presentasi dari kelompok kami, mohon maaf apabila ada kata-kata dan perilaku yang tidak berkenan dihati teman-teman semuanya.
Kami akhiri, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan memebrikan contoh seperti di atas, diharapkan peserta didik tahu akan urut-urutan dalam presentasi, sehingga jalannnya presentasi bisa efektif dan efisien. Selain itu, kita juga perlu mmeberikan pengarahan  kepada penyaji materi mengenai hasil diskusi yang akan dibacakan di depan teman-temannya, bahwasannya tidak perlu semua hasil diskusi perlu dibacakan, hanya inti dari hasil diskusi yang perlu dibacakan atua yang penting saja.
Selain melatih keberanian berbicara di depan orang banyak moderator, notulen, dan penyaji materi, presentasi juga melatih keberanian berbicara pendengar, karena dalam kegiatan presentasi ada sesi tanya jawab, di mana seorang pendengar bisa mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang melakukan presentasi mengenai sesuatu yang belum dimengerti.







Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Presentasi Upaya Melatih Keberanian Peserta Didik ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 9 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Presentasi Upaya Melatih Keberanian Peserta Didik
 

0 comments:

Post a Comment