Memilah Sampah Organik dan Anorganik



MEMILAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

Di lingkukan sekolah kita, tak bisa lepas dari yang namanya sampah, yang paling banyak di sekitar sekolah adalah sampah bungkus makanan. Sampah merupakan barang yang tidak mempunyai nilai fungsi atau tidak mempunyai nilai guna. Akan tetapi, sekarang banyak ide-ide kreatif dari masyarakat yang menggunakan sampah sebagai bahan kerajinan tangan.
Sampah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: (1) sampah organik, merupakan sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup. Sampah organik dengan mudah dapat terurai (membusuk). Contoh: kulit buah, daun kering, kotoran hewan, dan sisa dapur. (2) sampah anorganik, merupakan sampah yang berasal dari sisa proses industri dan sampah anorganik membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terurai. Contoh: kaleng, kantong plastik, dan botol plastik.

Media Pembelajaran:
Kardus, potongan kertas bertuliskan nama sampah
 
Kegiatan Pembelajaran:
1.      Siswa dibagi menjadi ke dalam beberapa regu.
2.      Setiap regu terdiri atas 6 siswa yang dipimpin oleh satu ketua.
3.      Setiap regu berbaris berbanjar.
4.      Setiap siswa bertugas mengambil satu kertas yang telah dituliskan satu jenis sampah organik atau anorganik secara bergantian.
5.      Kertas tersebut akan dimasukkan pada tempat yang sudah ditentukan.
6.      Siswa harus berlari dan melompati rintangan yang terbuat dari kardus bekas.
7.      Hal ini dilakukan secara bergantian.
8.      Regu yang dapat memasukkan kertas dengan tepat dan tercepat akan menjadi pemenang.

Refleksi Pembelajaran:
Dari kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mau dan mampu memilah antara sampah organik dan anorganik. Karena masalah sampah bukanlah masalah yang sepele, karena dengan sampah bisa terserang penyakit dan terjadinya musibah banjir. 

Dokumentasi Pembelajaran:





Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memilah Sampah Organik dan Anorganik ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Friday 7 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1comments: di postingan Memilah Sampah Organik dan Anorganik
 

1 comments: