Bukan Menjadi Apa, Tapi Mau Membuat Apa?

BUKAN MENJADI APA, TAPI MAU MEMBUAT APA?

Cita-cita merupakan suatu keingan atau harapan yang ingin dicapai di masa depan. Ketika kita masih sekolah dulu, sering sekali pertanyaan tentang cita-cita dilontarkan oleh guru-guru kita. “Kalau besar nanti mau menjadi apa?”, kurang lebih seperti itulah pertanyaannya. Dengan lantangpun kita menjawabnya, ingin menjadi dokter, ingin menjadi guru, ingin menjadi polisi, ingin menjadi pilot, dan lain sebagainya.

Harapan untuk menjadi sebuah profesi yang dinginkan tersebut, merupakan sebuah motivasi dan tantangan bagi kita untuk belajar lebih keras guna untuk mencapainya. Cita-cita merupakan titik awal dari sebuah kesuksesan, karena dengan sudah tahunya arah dan tujuannya masa depannya, maka sejak dini pula mulai ada kesiapan yang diatur untuk mencapainya.

Akan tetapi sekarang, pertanyaan yang mau menjadi apa?, sudah tidak sinergi lagi di abad ini. Karena di abad ini yang diperlukan adalah hard skill dan soft skill, pertanyaan tersebut perlu diubah menjadi “Mau buat apa?”

Ketika dilontarkan pertanyaan tersebut, anak lebih jauh mikir panjang lagi, tidak semudah seperti pertanyaan mau menjadi apa. Dengan pertanyaan tersebut anak merasa tertantang, nanti dewasanya akan menciptakan suatu produk. Misalnya jawaban sang anak “mau buat mobil”, dengan jawaban tersebut anak sudah terbayang nanti mau membuat mobil, dan dari jawaban tersebut sang anak mepelajari sedikit demi sedikit bagian-bagian dari mobil tersebut.


Cita-cita merupakan dasar untuk melangkah ke masa depan. Ibarat sebuah bangunan, cita-cita merupakan sebuah pondasi, yang menahan berdirinya bangunan tersebut. Untuk menjadi bangunan yang kuat diperlukan sebuah kerja keras dan menatanya dengan rapi, alam artian diperlukan sebuah kedisplinan dalam mencapainya.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bukan Menjadi Apa, Tapi Mau Membuat Apa? ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 16 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bukan Menjadi Apa, Tapi Mau Membuat Apa?
 

0 comments:

Post a Comment