Pengamatan Terhadap Pekerjaan Di Sekitar

Pekerjaan merupakan suatu usaha atau kegiatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak jenis pekerjaan di sekitar kita seperti petani, nelayan, buruh pabrik, guru, polisi, dan sebagainya. Jenis pekerjaan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang, dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang: petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit, sedangkan  contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa seperti: guru, dokter, polisi, pilot, dan tukang cukur.
Selain itu, jenis pekerjaan dipengaruhi oleh keadaan geografis suatu wilayah, seperti dataran tinggi, dataran rendah dan perairan. Dataran tinggi merupakan suatu wilayah yang mempunyai ketinggian di atas 400 meter permukan laut, dan masyarakatnya bekerja sebagai pemetik teh, petani sayur dan buah, serta sebagai pemandu wisata. Dataran rendah merupakan suatu wilayah yang mempunyai ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Jenis pekerjaan di dataran rendah sangat beragam, seperti: petani, pekerja kantoran, karyawan pabrik, guru, tukang becak, dan tukang kayu. Sedangkan perairan merupakan suatu wilayah yang ditutupi oleh air, sebagian besar masyarakat perairan bekerja sebagai nelayan.
Dalam kegiatan pembelajaran tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar kita, perlu adanya pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitar, meskipun itu adalah daerah sekitar peserta didik sendiri. Peserta didik diajak untuk berkeliling lingkungan sekitar sekolah untuk mengamati dan mencatat jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkunganya.
Tidak hanya mengamati dan mencatat, peserta didik juga diminta untuk melakukan wawancara dengan salah satu pekerja yang ditemuinya. Dan untuk daftar pertanyaanya dirumuskan terlebih dahulu di dalam kelas, sebelum berjalan berkeliling lingkungan sekitar.

Setelah peserta didik selesai mengamati dan mengajak wawancara dengan salah satu pekerja yang ada, peserta didik diajak kembali ke dalam kelas untuk mendiskusikan dengan kelompoknya tentang hasil pengamatannya, serta mempresentasikannya di depan kelas.






Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 10 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 

0 comments:

Post a Comment