Refleksi Hari Pahlawan

REFLEKSI HARI PAHLAWAN

Selama banteng-banteng masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih, merah dan putih, maka selama itu tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga

Melihat kutipan teks pidato Bung Tomo pada tanggal 10 November 1945 di atas, sunggu luar biasa semangat serta pengorbanan yang luar biasa untuk bangsa ini. 10 November merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa ini, karena pada hari ini adalah hari pahlawan, hari diperingatinya peristiwa di kota Surabaya, peristiwa arek-arek suroboyo melawan kolonial Belanda serta peristiwa perobekan bendera tuk menjadi sang merah putih.

Semangat luar biasa yang pantang menyerah dan rela berkorban para pejuang 10 November, selayaknya kita teladani dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, melihat realitas yang ada sekarang, banyak anak-anak di negeri ini yang tidak tahu akan sejarah bangsa ini. Tidak tahu siapa pahlawan-pahlawan yang telah berjasa demi kemerdekaan negeri ini. Yang telah mengorbankan jiwa raganya ke negeri ini.

Yang lebih miris lagi, anak-anak sekolah dasar sekarang, lebih mengidolakan bintang sinetron dibandingan dengan mengidolakan para pahlawan. Mereka hafal akan namanya “Diego, Galang, Sisi, Nayla” para pemain sinetron Ganteng-Ganteng Srigala, dibandingan dengan pahlawan “Ayam Jantan Dari Timur”, mereka tidak tahu akan nama pahlawan tersebut.

Sungguh persoalan yang sangat memprihatinkan, di tengah-tengah masyarakat negeri ini yang sudah tinggal menikmati kenyamanan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan di tahun 1945, tanpa harus membawa senjata untuk bertempur ke medan perang. Masyarakat negeri ini seolah-olah tidak mau tahu dan masa bodoh akan sejarah.

Sejarah adalah masa lalu yang perlu dikenang, karena tanpa ada sejarah kita tidak akan bisa menikmati apa yang seperti sekarang ini. Dengan sejarah yang terjadi, kita dapat mengambil sebuah keteledanan dari apa yang sudah terjadi. Marilah dimomen hari pahlawan ini, kita sebagai masyarakat negeri yang beradab, meneladani dari sejarah para pahlawan yang memperjuangkan negeri ini, serta mengaplikasikan nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Refleksi Hari Pahlawan ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 9 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Refleksi Hari Pahlawan
 

0 comments:

Post a Comment