SD NEGERI 4 PENGANJURAN BANYUWANGI

Selasa, 29 Maret 2016

Diawali dengan sarapan di hotel Baru Banyuwangi, kemudian kita warga Dikdas Unesa Kelas P2TK H bergegas menuju ke SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi tuk melakukan studi lapangan di sekolah yang pertama. Bermodal dengan google map kita menuju nich sekolahan. Eitss.. ternyata.. eh.. ternyata... kita salah jalan saudara saudara, dan harus putar haluan, ketika kita tanya sama seseorang di pinggir jalan. L L

Tak sampai 10 menit kita sampai di nich sekolahan, bak tamu istimewa kita disambut oleh beberapa guru dan kepala sekolah yang sudah berjajar di halaman, dan kita pun langsung dipersilahkan masuk ke aula sekolah untuk mengikuti serentetan acara studi lapangan yang sudah dipersiapkan oleh sekolah. Dan yang bikin kaget kita, ternyata di dalam aula juga sudah ada Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuwangi, Pengawas UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuwangi, dan Pengawas Gugus. Wich.. wich.. mantapkan sambutan sekolah ini... J

Acara studi lapangan ini dipandu oleh seorang guru perempuan, yang tak tau sapa namanya, yang kemudian membacakan susunan acaranya, yang di antaranya sebagai berikut:
1.    Pembukaan, yang dibuka dengan ucapan basmalah
2.    Menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diiringi dengan organ oleh siswa
3. Sambutan penerimaan yang disampaikan oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuwangi.
4.    Pemaparan profil SD Negeri 4 Penganjuran oleh Kepala Sekolah
5.    Sambutan dari Ketua Prodi S2 Dikdas PPs Unesa
6.    Pelaksanaan Studi Lapangan (Tinjau lokasi)
7.    Pesan dan Kesan
8.    Pemberian Cindera Mata
9.    Penutup, dengan ucapan hamdalah dan dilanjut dengan sesi foto bersama.

Perasaan takjub muncul ketika pemaparan profil sekolah, berkali-kali tepuk tangan pun kita berikan dalam pemaparan profil sekolah dengan jumlah 889 siswa ini, di antaranya karena: prestasi siswa yang hampir tiap minggu ada, memiliki lebih dari 20 ekstrakurikuler, 20 guru berstatus honorer yang digaji dengan dana BOS, dan tentunya banyak lagi. Dalam pemaparannya Ibu Kepala Sekolah memeparkan tentang sekolah yang berdaya mutu, selain harus memenuhi 8 standar pendidikan yang sudah ditentutukan, sekolah harus punya nilai unggul yang lain, meskipun itu sulit dicapai kata Ibu Kepala Sekolah. Untuk SD Negeri 4 Penganjuran terdapat lima yang diunggulkan di antaranya Manajemen Pembelajaran, Manajemen Berbasis Sekolah, Ekstrakurikuler, UKS, dan Perpustakaan.
Sesuai dengan pemaparan tersebut, untuk studi lapangan yang kita galih lebih lanjut adalah kelima aspek tersebut. Kita dibagi menjadi 4 kelompok (UKS dan Perpustakaan dijadikan satu), dan kebetulan saya kebagian tentang manajemen pembelajaran.

Dengan narasumber Bapak Rahmad, kita pun menggali lebih dalam tentang manajemen pembelajaran di nich sekolahan, pertama kita ditunjukkan dengan berbagai buku yang sudah tertata rapi di meja, yach.. kita ditunjukkan buku administrasi kelas yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Kita satu per satu ditunjukkan buku tersebut, tahu nggak berapa jumlahnya??, 36 buku administrasi yang harus dimiliki oleh seorang guru, di antaranya: silabus, program mingguan, buku keuangan, buku penerimaan raport, buku rameng, buku notulen rapat, buku santunan, buku administrasi kelas, buku inventaris kelas, buku tamu, bank soal, dan sebagainya.

Setelah melihat ke-36 buku tersebut beserta isinya, kitapun diajak tinjau lokasi melihat bagaimana proses pembelajaran yang ada di SD Negeri 4 Penganjuran ini, dan kitapun masuk ke kelas 3 C kalau nggak salah. Kitapun kembali dibuat takjub oleh guru kelas ini, portofolio kelasnya tersusun rapi dan lengkap, dan beliau sempat bercerita: “kalau sudah tersusun seperti ini enak, dulu saya ketika sertifikasi nggak bingung lagi, tinggal nunjukkan foto-foto ini.” salut dah buat ibu satu ini.
Sayang, kita dibatasi oleh yang namanya waktu, untuk tinjau lokasi pun telah usai dan kita harus kembali ke aula, untuk melanjutkan kegiatan berikutnya. Dan kegiatan berikutnya pun merupakan akhir kegiatan studi lapangan di SD Negeri 4 Penganjuran, hanya kesan dari perwakilan kita, penutup, dan foto bersama.


Terima kasih Kepala Sekolah, Guru, Staff, dan Karyawan SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi yang telah menerima kami dengan tangan terbuka untuk belajar di sekolah yang luar biasa ini, semoga kita nantinya dapat menerapkan apa yang telah kami peroleh di sekolah ini... Amin





Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SD NEGERI 4 PENGANJURAN BANYUWANGI ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Thursday 31 March 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SD NEGERI 4 PENGANJURAN BANYUWANGI
 

0 comments:

Post a Comment