KUNJUNGAN SISWA SD DARUL ULUM KE PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk.

Foto bersama di depan lobi PT. Indofood CBP
Pagi ini raut keceriaan tergambar dari siswa kelas V SD Darul Ulum. Yach.. karena hari ini mereka akan melakakuna kunjungan ke PT. Indofood CPB Sukses Makmur Tbk. Divisi Mi – Cabang Jawa Timur di Jalan Cangkringmalang Km. 32 Beji Pasuruan. Sesuai dengan telepon yang diterima dari Human Resource Development (HRD) hari sebelumnya, diperkirakan kami akan berangkat pukul 09.00 Wib, dengan dijemput Bus dari PT. Indofood CBP. Saking senangnya, ketika jam pertama waktu pelajaran siswa-siswa sudah tidak konsen dengan pelajaran yang diterimanya, sudah bingung dengan kegiatan kunjungan ini, bahkan ada yang mengeluh sakit perut, karena tidak sarapan.

Pukul 09.30 Wib Bus jemputan pun tiba di sekolah kami. Sebanyak kurang lebih 50 siswa kelas V di dampingi dengan kepala sekolah, 7 dewan guru, dan 1 staff pun berangkat ke PT. Indofood CPB. Selama kurang lebih perjalanan 30 menit, kita sampai di tempat, dan selama di perjalanan raut keceriaan bertambah di wajah siswa. Layaknya mau pergi karya wisata, dari rumah siswa sudah berbekal dengan segala macam makan ringan dan minuman, dan selama perjalanan tak henti-hentinya mereka makan. Serta saling berbagai makanan dengan teman sebangkunya.
Let's goo.. tarik pak supirrr....!!!
Sesampai di PT. Indofood CBP, pertama kali dari perwakilan kita harus lapor terlebih dahulu ke pos security, dengan maksud tujuan apa dan bertemu dengan siapa. Lantas setelah itu, turun dari bis kita langsung di bawa ke sebuah ruang pertemuan untuk melakukan serentetan kegiatan. Kegiatan kunjungan ini terdiri dari 4 kegiatan, yakni: (1) penyerahan dan ucapan terima kasih dari pihak sekolah, (2) penerimaan dan pemutaran video tentang PT. Indofood CBP, (3) melihat proses produksi dari anjungan, (4) Icip-icip, dan (4) tanya jawab.


Pertama, penyerahan dan ucapan terima kasih dari pihak sekolah. Kegiatan awal ini diwakili oleh kepala SD Darul Ulum, yakni Bapak H. Miskat, M.Pd.I., dalam sambutannya selain mengucapkan terima kasih kepada PT. Indofood CBP yang telah menerima anak didiknya untuk melakukan kunjungan, beliau juga berharap bahwasanya dengan kunjungan ini siswa dapat memperoleh ilmu bagaimana cara produksi mi, dan bagaimana cara mengolahnya, karena tidak bisa dipungkiri, mi adalah makan favorit bagi siswa. Karena apa, di sekolah saja siswa jajan mi rebus dengan kuahnya, yang dibungkus dengan plastik, yang kemudian ujungnya diikat, dan salah satu ujung plastiknya dilubangi untuk tempat makan.


Kedua, penerimaan dan pemutaran video tentang PT. Indofood CBP, dalam hal ini diwakili oleh seorang dari divisi HRD. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa PT. Indofood CBP tidaknya hanya memproduksi mi yang banyak kita ketahui di pasaran, tetapi banyak produk yang di produksi, di antaranya makanan bayi, susu, dan sebagainya. Akan tetapi untuk PT. Indofood CBP Divisi Jawa Timur yang berada di Jl. Cangkringmalang Km. 32 Beji Pasuruan ini, khusus memproduksi mi, dengan 7 brand (merek), di antaranya: Indomie, Supermie, Sarimi, Popmie, Sakura, Anakmas, dan Mie Telur Cap 3 Ayam. Dan setelah selesai menyampaikan sambutannya, kita diperlihatkan sebuah video yang berdurasi 30 menit, tentang produk apa saja yang di produksi oleh PT. Indofood CBP, dan di mana saja letaknya.


Ketiga, melihat proses produksi dari anjungan. Dari ruaang pertemuan kita dibawa kesebuah anjungan untuk melihat proses produksi, anjungan ini merupakan sebuah lorong yang di samping-sampinya sebuah kaca. Selama di anjungan ini, kita di pandu oleh yang menerima kita tadi, dan selama melihatnya kita dijelaskan tentang bagaimana proses produksinya. Dalam penjelasannya, beliau menjelaskan bahwa proses produksi terdiri atas beberapa tahap, di antaranya, (1) pembuatan adonan, (2) pengepresan adonan/adonan dibuat pipih, (3) penyisiran, adonan yang sudah pipih disisir agar berbentuk berintik/bergelombang), (4) perebusan, (5) pemotongan, (6) penggorengan, untuk megurangi kadar air yang terdapat dalam mi, hingga kadar airnya 3-4%, (7) peking/pengepakan.

Keempat, Icip-icip. Setelah berkeliling dari anjungan produksi, kita kembali ke ruang pertemuan yang tadi. Akan tetapi ada pemandangan yang berubah di ruangan ini, terutama di sudut belakang. Yach.. di sudut belakang sudah tersedia beberapa mangkuk mie dengan air mineral. Ini meruapakan sesi keempat, yakni sesi icip-icip. Siswa diberikan kesempatan untuk menyoba atau merasakan produk dari PT. Indofood CBP, yaiu makan mi.



Kelima, tanya jawab. Puas dengan mi yang gratis dan tinggal melahapnya. Masuk ke kegiatan berikutnya, yaitu sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang muncul, baik dari kepala sekolah, guru, dan siswa sendiri. Seperti pertanyaan dari Elma kelas V C, yang mempertanyakan tentang etanol. “Tadi, saat di anjungan produksi, saya melihat ada tulisan bahwa wajib menggunakan etanol dalam 2 jam sekali, apa sich etanol itu?, dan apa gunanya?”




Pertanyaan itu langsung dijawab oleh yang memandu kita dari awal kegiatan, menurutnya etanol adalah semacam cairan gunanya agar tangan kita agar selalu hieginis dari yang namanya bakteri, dan mengapa dalam jangka waktu 2 jam sekali?, karena bakteri akan berkembang selama 3 jam sekali, dan sebelum bakteri itu berkembang maka bakteri itu dibunuh, dengan mencuci tangan terseut selama 2 jam sekali.

Pertanyaan juga muncul dari, Andri kelas V A yang menanyakan tentang distribusi mi dari PT. Indofood CBP yang meliputi wilayah mana saja?. Pertanyaan tersebut dijawab, bahwasanya untuk PT. Indofood CBP yang berada di Jl. Cangkringmalan Km. 32 Beji Pasuruan ini, merupakan divisi Jawa Timur, jadi distribusinya adalah seluruh wilayah Jawa Timur, ditambah hingga Papua. Selain itu, untuk divisi Jawa Timur ini juga melakukan ekspor untuk 2 negara, yakni negara Timor Leste dan Arab, sedangkan untuk negara-negara yang lain, didistribusikan oleh PT. Indofood CBP yang berada di Cibitung.




Sesi tanya merupakan, akhir dari segala kegiatan kunjungan di PT Indofood CBP, dengan ucapan terima kasih dan permohonan maaf dari perwakilan HRD tersebut acara pun usai. Akan tetapi dalam kesempatan terakhir, beliau mengatakan bahwa kita bisa membeli bingkisan paket produk PT. Indofood CBP di koperasi seharga Rp. 20.000,00 dengan berbagai varian. Usai dengan seluruh kegiatan di PT. Indofood CBP ini, kita pun kembali pulang ke sekolah tercinta dengan bis yang sama dengan berangkatnya tadi, dan kita sampai di sekolah pukul 13.30 Wib. Oh yach.. sebagai informasi, untuk bis antar jemput ini kita tidak dikenai biaya sepeserpun, alias gratissss..!!!


Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel KUNJUNGAN SISWA SD DARUL ULUM KE PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk. ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Thursday 3 March 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 7 komentar: di postingan KUNJUNGAN SISWA SD DARUL ULUM KE PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk.
 

7 comments:

  1. Salam. Maaf mau tanya bagaimana pengajuan untuk kunjungan ke pabrik indofood? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Wr. Wb.
      Tinggal ngajukan proposal saja ibu ke Indofood..

      Thanks

      Delete
  2. Proposalnya diajukan lewat apa... Boleh ndak minta alamat email dr pt Indofood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa by pos atau antar langsung ke indofood ibu..

      Terima kasih..

      Delete
  3. Untuk pendaftaran perlu biaya lagi gak bu? atau benar" gratis ya? mohon jawabannya

    ReplyDelete
  4. Maaf kalau pengajuan lewat email bisa??

    ReplyDelete
  5. George William...
    untuk biaya tidak ada pak, kita tinggal ngajukan proposal saja...
    akan tetapi ketika kita mau beli diperbolehkan nanti ketika pulang,,, buat oleh2...


    @Kartika anggun
    bisa bu..tapi kmrin kita kirim langsung ...

    terima kasih

    ReplyDelete