WISATA POS

Berkirim surat melalui kantor pos, sekarang merupakan hal yang jarang kita temui. Karena dengan semakin canggihnya teknologi yang ada. Ketika kita berkirim surat melalui pos, membutuhkan beberapa hari untuk sampai, sehingga karena alasan itu berkirim surat melalui pos mulai ditinggalkan, dengan berganti melalui surat elektronik (e-mail), atau media sosial lainnya.

Tetapi...

Keberadaan surat tidak bisa dilepaskan dari macam-macam alat komunikasi yang ada. Surat merupakan alat komunikasi tulis. Mengenai surat ini, dalam pembelajaran di SD dipelajari mulia kelas tiga, yakni pada tema 6 “Indahnya Persahabatan”. Dalam pembelajaran ini, siswa diminta untuk membuat surat balasan yang telah dikirim oleh temannya, serta mengenal bagian-bagian surat pribadi. Selain itu, sebagai wujud pembelajaran mengenai surat ini, kita mencoba untuk memfasilitasi siswa untuk berkirim surat balasan dengan cara berkunjung ke kantor pos.

Hari itu hari sabtu, mulai jam 08.00 kita sudah bersiap-siap untuk bergegas ke kantor pos. dengan menggunakan mobil antar jemput sekolah kita pun berangkat bersama ke kantor pos. kegiatan di kantor pos dimulai dengan pengarahan dari petugas pos, serta kegiatan tanya jawab. Dimulai dengan beberapa layanan yang ada di pos, dilanjut dengan cara penulisan nama dan alamat pengirim dan penerima surat, serta cara menempel perangko yang benar.


Dilanjut dengan pembagian perangko untuk ditempel pada amplop surat yang telah disiapkan sebelumnya di sekolah. Perangko yang digunakan adalah perangko prisma, perangko yang bergambarkan foto masing-masing siswa. Setelah perangko ditempel pada pojok kanan atas, selanjutnya siswa berbaris secara bergantian untuk mengantri diberikan cap pada amplop dan memasukkan pada kotak surat.

Setelah semua selesai bergantian, kegiatan wisata pos ditutup dengan menyanyi bersama lagu pak pos, serta pembagian hadiah berupa kartu pos bagi yang telah menjawab pada sesi pengarahan sebelumnya.






Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel WISATA POS ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Friday 23 March 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan WISATA POS
 

0 comments:

Post a Comment