REZEKI NOMPLOK DARI KONTES BLOG

A.  Identitas Buku

Judul Buku      : Rezeki Nomplok dari Kontes Blog
Penulis             : Harris Maulana                        
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo
Kota Terbit      : Jakarta
Tahun Terbit    : 2012
Tebal Buku      : xi + 98 halaman




B.  Isi Buku 

Blog, yang merupakan singkatan dari web log adalah betuk aplikasi yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini, meskipun tidak selamanya demikian, sering kali dimuat dalam urutan terbalik, isi yang paling terbaru dahulu, baru kemudian diikuti isi yanglebih lama. Situs seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Jadi, blog sebenarnya hampir sama dengan sebuah situs internet pada umumnya, namun konten atau isi blog lebih personal sesuai dengan minat dan hobi penulis dalam mengisi situs yang dimiliki itu.

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi ketika kita memenangkan sebuah kontes blog. Selain, menggapai popularitas di jagat maya, kita juga bisa memenangkan berbagai hadiah seperti: gadget atau bahkan bisa jalan-jalan ke luar negeri. Semuanya itu, bisa kita dapatkan dengan cara memenangkan kontes blog. Berikut tip dan trik cerdas untuk memenangkan kontes blog:

Memilih dan Membuat Sebuah Blog
Seorang blogger tentu saja harus mempunyai sebuah blog, karena blog merupakan sarana untuk menyiapkan tulisan kita. Dan apabila kita ingin mengikuti lomba blog, tentu saja kita juga harus punya blog yang dapat diikutsertakan. Membuat blog adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Posesnya cepat dan sederhana, bergantung koneksi internet yang terpasang. Ketika kita akan membuat sebuah blog, maka kita akan dihadapkan pada dua pilihan: blog yang berbayar dengan menggunakan web-hosting dan menggunakan domain (.com) di belakang alamatnya, atau yang sama sekali gratis atau tidak berbayar. Itu semua bergantung dari kebutuhan dan tujuan kita ngeblog. Jika ingin serius mengembangkan diri di dunia maya, maka pilihlah blog yang berbayar, karena itu bagus untuk personal branding atau memperkuat citra diri bahwa anda adalah seorang blogger yang serius. Akan tetapi, jika kita hanya sekedar ingin menyalurkan hobi menulis, maka blog yang gratis pun tidak masalah. Adapun situs blog yang gratis seperti: Blogspot (Blogger), Multiply, Wordpress, Kompasiana, Blogdetik, Dagdigdud, dan sebagainya.

Mencari Kontes Blog yang Bekualitas
Jika kita mengikuti kontes blog, maka kita harus selektif memilih mana yang harus diikuti. Lihat dulu penyelenggaranya. Apakah memiliki kredibelitas yang baik atau tidak, serta profesional. Untuk mencari kontes blog, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh di antaranya: (1) mencari informasi lomba melalui google, (2) mencari informasi melalui situs jejaring sosial, (3) mencari informasi lomba blog melalui komunitas blogger, (4) mencari informasi dari situs penyelenggara lomba blog. Setelah kita menemukan sebuah kontes blog yang kita kehendaki, maka yang perlu diperhatikan juga adalah melihat batas waktu pengiriman tulisan alias tenggat yang ditentukan oleh penyelenggara. Karena untuk mengikuti sebuah lomba kita tidak boleh terburu-buru, karena akan memengaruhi kualitas tulisan akibat dikejar deadline. Kita membutuhkan waktu untuk me-review kembali tulisan kita, apakah masih ada kekurangan atau yang lainnnya.

Bereksplorasi dan Mulailah Menulis
Setelah menemukan lomba blog yang akan diikuti, mulailah bereksplorasi, berkeskplorasi dengan fitur pencarian di google, situs referensi dari luar negeri, serta referensi selain dari internet sesuai dengan tema yang diinginkan oleh penyelenggara. Dengan memiliki data hasil ekplorasi yang lengkap, tentu akan menjadikan tulisan kita berbobit dan bermanfaat untuk orang lain. Kita bisa memulai menulis dengan memberikan gambaran umum tentang suatu tema, setelah itu membahas tentang materi sesuai dengan tema yang dilombakan, mulai dari latar belakang, kemudian dirangkai dengan maksud dan tujuan penulisan, serta pembahasan permasalahan (jika ada) dan ditutup dengan solusi atau ide yang kita usulkan, terutama yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga dalam tulisan kita di antaranya adalah: (1) judul, karena judul adalah pintu utama ketika membaca. Buatlah judul yang menarik, menggelitik, dan mengundang rasa penasaran orang membaca. (2) isi yang benar-benar padat, berisi, dan bermutu, (3) penutup yang konklusif, (4) menggunakan foto sebagai pelengkap dan penguat tulisan, (5) selalu cantumkan sumber referensi, (6) pilihlah post label yang menarik, dan (6) periksalah kembali tulisan.

SEO dan Linking-Trik Jitu Promosi Blog di Internet
Setelah selesai menulis dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku, silahkan posting. Setelah posting, maka langkah berikutnya adalah mempromosikan dengan menggunakan teknik SEO alias Search Engine Optimization. SEO merupakan teknik promosi yang dilakukan dengan meng-input tautan atau url tulisan kita agar terindeks oleh google. Dengan melakukan SEO, maka tulisan kita akan menjadi lebih berpeluang untuk segera terdeteksi di google jika ada orang (atau juri atau penyelenggara lomba) yang ingin mencari tulisan tersebut. Setelah proses SEO selesai, maka selanjutnya adalah melakukan linking tulisan tersebut ke media sosial seperti facebook, twitter, ataupun google +. Dengan langkah ini cukup efektif apabila jika kita sudah memiliki banyak teman atau follower.

Personal Branding
Setelah selesai melakukan proses WPSL (Writing, Postig, SEO, Linking) kini kita tinggal menunggu pengumuman pemenang. Namun, kita tidak boleh terpaku pada hal tersebut, kita hanya perlu mencatat tanggal pengumuman dan situs mana yang kita ikuti lomba. Dan saat menunggu pengumuman tersebut, kita bisa memanfaatkan waktu untuk mencari lomba blog yang lainnya.


Semua Tip dan trik di atas merupakan sebuah tip dan trik yang disudah dibuktikan oleh penulis (Harris Maulana) dan terbukti berhasil. Dari kontes blog banyak yang beliau dapat, mulai dari gadget, seperti telepon seluler, modem internet, berbagai voucher, jalan-jalan keliling Indonesia selama 19 hari (Jambi, Sumbar, Sumut, dan Aceh), serta mendapatkan sebuah rumah. Tak ada salahnya kita mencoba dan berguru dari blogger yang sukses dari seperti beliau, dengan mencoba dan mempraktikkan tips dan trik tersebut. selamat mencoba dan semoga sukses.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel REZEKI NOMPLOK DARI KONTES BLOG ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 23 January 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan REZEKI NOMPLOK DARI KONTES BLOG
 

0 comments:

Post a Comment