PEMANDIAN UMBULAN

Senin, 26 Desember 2016

Pagi itu, tidak ada planning untuk jalan ke mana, karena masih disibukkan dengan tugas akhir. Tetapi, rasa jenuh di depan laptop untuk ngetik ditambah dengan aku orangnya yang nggak bisa diam, pengen jalan ke sana ke mari akhirnya hari itu ku putuskan untuk pergi ke pemandian Umbulan. Umbulan merupakan sebuah sumber mata air yang berada di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Dari pusat kota Pasuruan, kurang lebih 30 menit waktu tempuh perjalanan ke arah timur.

Umbulan merupakan sumber penyaluran air PDAM bagi masyarakat Pasuruan sendiri, bahkan sampai dengan masyarakat Surabaya. Selain untuk PDAM, Umbulan juga dimanfaatkan sebagai pemandian, serta kebanyakan orang datang juga untuk mencuci karpet. Karena apa?, selain ada dua kolam besar, di Umbulan juga terdapat beberapa sungai, dan sungai inilah yang dimanfaatkan untuk orang-orang untuk mencuci karpet.

Dengan tiket masuk Rp. 5.000/orang kita bisa menikmati pemandian Umbulan. Ketika itu yang menjadi tujuan pertama ada kali santer (sungai dengan aliran/arus yang sangat deras). Kali ini terdapat di bagian sebelah utara Umbulan. Lebar kali ini mungkin tidak sampai 1 meter, dan ketika kita renang di kali ini kita akan merasakan yang namanya hanyut terbawa oleh arus. Selain itu, masih di kali santer kita juga dapat menikmati mandi di gerojogan dan semacam bendungan, serta hijaunya sawah.


Puas dengan mandi di kali santer, saatnya untuk pindah haluan ke pemandian utama Umbulan yang berada di sebelah selatan. Untuk yang tidak bisa renang, jangan khawatir karena ada beberapa bagian yang dangkal. Karena terdapat bebatuan dan pipa PDAM di bawahnya, serta kita juga bisa nyewa ban jika ingin berenang sampai ke tengah. Di kolam sebelah selatan ini, terutama di paling ujung selatan sendiri, kita bisa menikmati renang bersama dengan ikan. Serta, kita juga bisa berfoto di atas bebatuan. So.. tidak ada salahnya pemandian Umbulan dijadikan list tempat wisata yang patut kita kunjungi ketika liburan. Selain tiket masuknya terjangkau, kita bisa berbaur dengan alam, sawah yang hijau serta sungai yang mengalir jernih di sekelilingnya.








Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PEMANDIAN UMBULAN ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 16 January 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PEMANDIAN UMBULAN
 

0 comments:

Post a Comment