KELILING KALIMANTAN YUK!

Dalam kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Menurut Gagne (dalam Solihatin, 2013: 185), media pembelajaran merupakan berbagai jenis komponen yang ada dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Lebih lanjut, Gerlach dan Ely (dalam Sanjaya, 2006: 163), membagi secara umum media pembelajaran terdiri atas: orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Berdasarkan pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa begitu pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran, karena fungsi dari media pembelajaran adalah merangsang siswa untuk belajar, sehingga diperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebagaimana, pendapat Sudjana dan Rivai (2010: 2), yang menyatakan manfaat media pembelajaran adalah: (1) pembelajaran lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, (2) bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, (3) metode pembelajaran lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar setiap jam pembelajaran, serta (4) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemontrasikan, dan lain sebagainya.

Berikut ada sebuah media pembelajaran yang berjudul “Keliling Kalimantan Yuk!” karya dari Dian Lestari yang bisa kita manfaatkan dalam pembelajaran kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Media ini sangatlah menarik kita gunakan, karena selain siswa dapat informasi tentang daerah Kalimantan, dalam CD media pembelajaran ini juga diselingi dengan permainan, sehingga bisa membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Bagaimana sich isi dan cara menggunakan CD pembelajaran ini:

1.  Masukkan CD Room ke dalam Drive CD Room, kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. Setelah itu, klik Ok untuk memulainya.


2.  Ketika sudah masuk dalam permainan, pertama kita akan diminta untuk memilih karakter orang yang akan keliling Kalimantan. Dalam CD ini ada dua karakter, cewek dan cowok. Setelah kita memilih karakter, kita diminta untuk  memberi nama akan karakter tersebut, kita bisa menamainya dengan nama kita atau nama orang lain. Kalau sudag klik “mulai” untuk mulai berkeliling Kalimantan.




3. Dalam media pembelajaran CD keliling Kalimantan Yuk ini, ada dua pilihan arah jalan untuk berkeliling, arah kiri yang menunjukkan pada “Harmonisasi Nusantara” dan arah akan menuju “Jelajah Pulau”, mari kita jelajahi satu per satu.


a.       Harmonisasi Nusantara
Pada penjelajahan arah ini kita akan melewati 3 penjelajahan yaitu harmoni suara, puzzle nusantara, dan harmoni busana. Pada harmoni suara, kita bisa mendengarkan suara alat musik dan hewan dengan cara mengkliknya. Selain itu, kita bisa mengklik semua alat musik secara bersamaan, sehingga menghasilkan lantunan nada musik yang bagus. Pada puzzle nusantara, kita diminta untuk munyusun puzzle lambang daerah provinsi yang ada di Kalimantan, mulai Kalilamtan Barat, Timur, Tengah, dan Selatan. Sedangkan untuk harmoni busana, kita diminta untuk memasangkan pakaian khas dari Kalimantan mulai dari penutup kepala, pakaian atas, dan pakaian bawah. Dalam harmoni busana kita juga bisa memilih karakter cowok atau cewek.







b.      Jelajah Pulau
Pada arah jelajah pulau, pertama kali kita akan ditampilkan pulau Kalimantan dan informasi sekilat tentang pulau Kalimantan. Untuk berkeliling masing-masing provinsi yang ada di Kalimantan tersebut kita tinggal klik pada peta, provinsi mana yang hendak kita jelajahi, misalnya kita mau menjelajahi Kalimantan Barat.



Setelah mengklik Kalbar pada peta, kita langsung akan dibawa ke Kalbar, disitu kita pertama kali akan disambut oleh seeker monyet yang juga memberikan penjelasan bahwa selama keliling Kalbar kita diminta untuk mengumpulkan 9 medali, karena kita akan melewati sembilan pos (tempat) yang masing-masing akan memberikan informasi tentang Kalbar, mulai dari lambang daerah, tradisi adat, alat musik dan lagu daerah, rumah adat, tarian adat, senjata adat, fauna khas, cerita rakyat, serta flora khas. Lantas bagaimana caranya kita mendapatkan medali, ketika kita sampai di masing-masing pos tersebut, setelag kita membaca informasi yang ada, disitu juga ada permainan, nach.. dengan cara melakukan permainan itulah kita bisa untuk mendapatkan medali.












Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel KELILING KALIMANTAN YUK! ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Thursday 5 January 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan KELILING KALIMANTAN YUK!
 

0 comments:

Post a Comment