TANAMAN DOLAR PENYEBAB LEUKIMIA, BENARKAH?

Jumat, 26 Pebruari 2016. Hari ini aku masih liburan semeter kuliah, jadi saya sempatkan untuk ke sekolah tempat aku mengabdi. Seperti biasa, di sekolah hanya duduk manis di kantor, karena sudah tidak punya jam mengajar, sudah bebas tugas dan sudah ada guru penggantinya.

Ketika, sedang berbincang-bincang dengan guru lain di kantor, tiba-tiba kepala sekolah ku memberikan sebuah info dari Whats App Messanggernya, bahwasanya ada sebuah tanaman yang dapat menyebabkan leukimia (kanker darah), dan sudah ada penelitian dari dokter. Kontan, aku dan guru-guru yang lain kaget, karena kemarin ada anak didik kelas 3A yang meninggal karena penyakit satu ini. Sambil melihatkan gambar di WA-nya, ternyata tanaman ini banyak di depan kelas-kelas, terutama di kelas 2. Kepala sekolahku pun menginstruksikan agar tanaman itu segera dimusnahkan, dengan cara dibakar, dan meyuruh guru-guru yang berada di kantor untuk memberitahukan kepada guru-guru yang lain, karena dirasa sangat bahaya. Ini isi WA Messangernya:

Yang WA ini teman saya yang juga dokter.

BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!

Adik ipar saya umur 31 tahun baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti untuk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhain ini. Rekan satu tim research beliau sudah meninggal setahun yang lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dapatbertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tersebut. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.

Di China sudah cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan surat kabar China saja. Sedangkan di tempat kita tanaman ini di rawat & dijadikan tanaman hias di rumah. PERHATIAN DAN WASPADA !!!

Jika ada tanaman ini di rumah, silakan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga karena dari bunganya menyebkan kanker daah (Leukimia). Silakan share.

Salah satu guru, meminta agar pesan WA tersebut di share ke guru-guru lewat WA juga dan di print. Karena kalau dari WA, nantinya harus menggunakan kabel USB untuk memindah data tersebut ke komputer, maka aku berinisiatif untuk langsung searching di google, dengan key word “tanaman penyebab leukimia”. Salah satu yang aku baca adalah detik news yang berjudul “Isu Tanaman Dolar Penyebab Leukimia”.

Dalam Detik News tersebut mengungkapkan bahwa pesan yang menyebar melalui WA tersebut adalah hoax atau tidak benar, karena hasil penelitan LIPI menyatakan bahwa tanaman ini termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd.) Engl. Umumnya keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker, dan hanya menyebabkan gatal pada bagian tubuh manusia terutama bagian orang yang memiliki kulit yang sensitif.


Setelah membaca artikel di Detik News ini bahwasanya berita tersebut tidak benar, lantas aku memberitahu kepala sekolahku, dan beliau akhirnya membaca sendiri artikel tersebut. Mengetahui berita WA tersebut hoax, akhirnya beliau menarik instruksinya, dan meminta guru-guru yang berada di kantor mengecek guru-guru yang di kelas, agar tidak jadi memusnahkan tanaman tersebut, karena berita tersebut tidak benar.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel TANAMAN DOLAR PENYEBAB LEUKIMIA, BENARKAH? ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Saturday 27 February 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan TANAMAN DOLAR PENYEBAB LEUKIMIA, BENARKAH?
 

3 comments:

  1. HOAX HAOK HOHOAKAN---menyesatkan info di Whatsapp tsb---trims infonya

    ReplyDelete
  2. Makasihh yaa artikelnyaa.. :D


    https://www.blogger.com/profile/10930593801069617327
    http://greencoffeebeanasli.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. sama-sama
    terima kasih sudah mampir di blogeulum.blogspot.co.id

    ReplyDelete