MENULIS DAN MANFAATNYA

Menulis merupakan suatu aktivitas yang melahirkan apa yang ada di pikiran atau apa yang diproses pikiran. Kita semua tentunya pernah menulis, seperti menulis surat untuk teman kita atau untuk guru kita, atau untuk orang tua kita. Jadi, dengan pernah menulis surat semacam itu, tentu kita sudah punya bekal untuk menulis. Memang banyak jenis tulisan (buku, artikel, cerpen, novel, dll), tentu kita perlu memahami karakteristik dari jenis tulisan apa yang akan kita tulis. Misalnya menulis artikel, maka kita harus menggunakan bahasa yang lebih formal dan kalimatnya tertata dengan rapi, serta kita perlu membaca beberapa artikel tulisan orang lain di media cetak atau elektronik sebagai referensi penulisan.

Setiap orang terlahir dengan potensi tidak terbatas, born to be genius (dilahirkan untuk menjadi jenius). Jadi gunakan potensi yang kita miliki untuk banyak membaca serta untuk menulis apa yang kita pikirkan sehingga menjadi sebuah tulisan. Membaca merupakan kunci sukses menulis. Tidak bisa membaca berarti tidak bisa menulis. Malas membaca berarti malas menulis. Tidak ada waktu untuk membaca, berarti tidak ada waktu untuk menulis. Membaca merupakan sumber inspirasi dalam menulis. Dengan membaca buku kita dapat memperkaya isi dari tulisan yang kita tulis dan memberikan warna (tidak kering). Akan tetapi, Membaca saja tidak cukup, untuk mendapatkan topik-topik tulisan yang tajam dan asli, kita perlu melakukan perenungan.

Menulis sebuah artikel laksana kita menjawab sebuah soal ujian. Pertama kita harus membaca dan memahami dari soal pertanyaan, kemudian kita tuangkan jawaban pada lembar jawaban dengan tulisan. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari menulis, di antaranya:
1.     Dengan menulis kita bisa menuangkan ide, gagasan, atau nilai dengan lebih leluasa dan terkontrol. Maksudnya adalah, dengan media tulisan kita bisa membaca secara berulang-ulang apa yang kita tulis sebelum apa yang kita tulis kita berikan kepada pembaca (mengoreksi isi bacaan/editing). Berbeda dengan bahasa lisan, yang tidak bisa diralat dan hanya spontanitas.
2.        Dengan tulisan, sebuah gagasan kita menjadi lebih luas.  Maksudnya adalah, ketika tulisan kita disebarluaskan kepada pembaca, baik melalui media cetak atau elektronik berarti kita telah memengaruhi banyak orang berbeda dengan tulisan yang hanya disimpan pada lemari dan penyampaian secara lisan. Tidak kebayang jikalau kita menyampaikan gagasan secara lisan, berapa banyak energi dan waktu yang kita perlukan untuk menyampaikan kepada ribuan orang.
3.        Gagasan yang kita tulis dan tersebar akan terdokumentasi cukup lama. Dengan tulisan kita yang tersebar luaskan dengan berbagai media seperti media cetak, elektronik, dan yang terbukukan akan terdokumentasi di rak-rak perpustakaan. Sebagai contoh juga, ketika kita membaca buku hasil karya penulis yang telah lama meninggal dunia, berarti tulisan seorang tokoh yang tertulis rapi ini menunjukkan bahwa tulisan tokoh tersebut terdokumentasi dengan lama, meskipun orangnya telah lama meninggalkan dunia.
4.        Dengan menulis kita bisa melakukan banyak hal. Banyak yang kita lakukan dari menulis, seperti membuat proposal (usulan kegiatan), menulis laporan, menulis hak jawab di media dan lain-lainnya memerlukan keterampilan menulis. Tulisan juga bisa menjadi sarana promosi.

Menulis adalah hal yang tidak susah, yang susah adalah untuk memulainya. Apalagi kalau orang yang suka membaca buku, pasti untuk menulis akan lebih mudah. Menulis adalah ibarat bicara dengan teman atau keluarga kita. Bicara tidaklah sulit, begitu pula dengan menulis. Menulis hanyalah pembicaraan yang dimuat dalam tulisan. Dengan demikian menulis adalah hal yang sangat mudah, yang penting adalah ada kemauan dan niat.

“Keberhasilan ditentukan oleh 99% kemauan, selebihnya bakat” (Einstein)


Sumber: Danial, R. Deni Muhammad. 2008. Menjadi Penulis Mulai dari Sekarang.  Semarang: PT. Sindur Press

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MENULIS DAN MANFAATNYA ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 20 April 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MENULIS DAN MANFAATNYA
 

0 comments:

Post a Comment