MENULIS, CARA DAKWAHKU

Alam semesta merupakan ayat-ayat Allah Swt. yang di dalamnya terkandung pelajaran, pesan, dan hikmah pada setiap kejadian. Jadi kita perlu menuangkan kejadian-kejadian tersebut dalam sebuah tulisan. Karena dengan tulisan kita berarti telah mengukir sebuah jejak dan prasasti yang akan selalu terekam oleh sejarah.

Yang kita tahu selama ini, jalan berdakwah adalah dengan berceramah atau berpidato di hadapan khalayak ramai. Kita perlu membuang jauh-jauh pikiran tentang satu-satunya jalan dakwah itu. Ternyata masih banyak jalan dakwah yang lain, salah satunya adalah menulis.

Berbeda jauh jika kita berdakwah dengan melalui tulisan, yang akan selalu terdokumentasi dengan rapi, dibandingkan dengan berdakwah melalui tulisan, baik dari segi jumlah orang yang kita ajak menuju kebaikan hingga jangkauan tempatnya. Jika kita berdakwah dengan lisan, orang-orang yang kita ajak menuju kebaikan, jangkauannya hanya orang-orang yang datang dalam satu tempat itu saja, berbeda jika kita berdakwah dengan sebuah tulisan, dan ketika tulisan kita bisa berada di sebuah buku atau media cetak lainnya, tentunya akan dibaca oleh orang banyak dengan banyak tempat. Selain itu, ketika kita berdakwah dengan lisan, daya rekam pendengar hanya bertahan ditempat atau beberapa jam setelah meninggalkan tempat dakwah setelah itu akan lepas begitu saja, berbeda dengan tulisan daya rekamnya lebih bertahan lama, dan ketika lupa masih bisa buka kembali tulisannya.

Menurut UNICEF di zaman sekarang yang dimaksud orang dengan buta aksara, bukanlah orang yang tidak bisa membaca saja, akan tetapi buta aksara sekarang adalah orang yang tidak bisa membaca dan menulis (fully literacy). Ini menunjukkan bahwa sangat pentingnya Menulis?

Menulis adalah belajar untuk menemukan kepribadian, karena apa yang kita tulis merupakan sebuah refleksi terhadap pengalaman yang kita alami. Tentunya ditulis dengan sebuah kejujuran. Selain itu, dengan menulis dapat mempengaruhi gaya berpikir kita, karena kita dituntut untuk menyikapai masalah, mengidentifikasi masalah, serta mengkomunikasikan lebih efektif kepada orang lain.

Pendidikan yang kita peroleh dalam menulis adalah kreatif dan lentur terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Masalah yang kita hadapi tidaklah hitam putih, melainkan banyak warna. Dengan itu, kita akan lebih memahami dan apa yang bisa kita lakukan ketika dihadapkan dengan masalah tersebut, serta dengan menulis mengantarkan kita sukses dalam pendidikan dan karir.
Menulis adalah interaksi dengan pembaca sehingga kita perlu memikirkan apa yang akan kita tulis serta gaya bahasa dalam penulisan. Lantas, bagaimanakah tulisan yang baik?
a.    Unity artinya tulisan yang baik adalah satu kesatuan. Ide atau issue yang ditulis dibahas hingga tuntas, tidak berhenti di ditengah-tengah.
b.    Coherence artinya tulisan kita harus berkesinambungan. Dari paragraf awal hingga akhir membicarakan satu hal permasalahan, tidak bercabang-cabang.
c.    Emphasis artinya tulisan yang kita tulis harus ada pesan yang akan disampaikan (insightful issue), dan dalam tulisan kita ada penekan terhadap ide-ide yang penting. Ada beberapa cara penekan ide, di antaranya diletakkan pada awal tulisan dan diulang hingga tidak lebih dari tiga kali.
d.    Development, artinya dalam tulisan kita ada pengembangan, tidak hanya itu-itu saja yang dibahas dalam tulisan. Dengan kata lain, tulisan yang kita tulis tidak muter seperti benang kusut.
e.    Clarity, artinya penempatan dan pilihan kata dalam tulisan jelas dan tepat. Misalnya apabila kita menulis sebuah artikel tentunya menggunakan bahasa yang baku, berbeda jika kita menulis sebuah karya fiksi.

Writing is logical thinking, not muddy.
Menulis adalah berpikir logis, bukan tergantung oleh perasaan atau hasrat untuk menulis. Ketika kita nulis hanya didasari perasaan sedang senang saja, otomatis dapat kita hitung berapa kali perasaan kita senang dalam seminggu, dan ketika perasaan kita sedang sumpek dan sebagainya, kita tidak akan menulis. Yang perlu kita lakukan dalam menulis adalah langsung saja kita tuangkan dalam tulisan, bukan banyak berpikir dan angan-angan belaka.

Minggu, 10 Mei 2015 di Bina Qolam (Jl. Bengawan 2a Surabaya)

(Tulisan ini merupakan intisari dari “The Power Of Writing: Pelatihan Menulis Langsung Bisa dan Handal” Bersama Dr. Jani Purnawanty Jasfi/Ketua Dep. Pemberdayaan Muslima IKA-RMA)

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MENULIS, CARA DAKWAHKU ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 10 May 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1comments: di postingan MENULIS, CARA DAKWAHKU
 

1 comments:

  1. you seemed manage to wrap and catch up so many points we punched in the session Nak, that is a great job, keep it up!

    btw, I am not yet a Dr., but I will take that address as your du'ah, aamiin ya robbal'alamin.

    ReplyDelete