MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA


Menurut Bruner dalam bukunya Azhar Arsyad yang berjudul “Media Pembelajaran” mengatakan bahwa ada tingkatan utama modus belajar, yaitu: pengalaman langsun (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman abstrak (symbolic). Pengalaman langsung adalah mengerjakan, misalnya pada pembelajaran mengidentifikasi wujud benda, siswa membawa langsung benda yang akan diidentifikasi, misalnya piring, gelas, air, botol, dan sebagainya. Pada tingkatan yang kedua yang diberi label iconic (artinya gambar atau image). Pembelajaran identifikasi benda dipelajari dengan gambar, lukisan, foto, atau film,. Jadi, benda-benda yang diidentifikasi wujudnya hanya sebatas pada gambar, atau hasil print out. Sedangkan pada tahap simbolik, siswa belajar mengidentifikasi wujud benda dengan cara membaca (mendengar). Nah pada pembelajaran kali ini, kalau pertemuan sebelumnya mengidentifikasi wujud benda dengan cara membawa benda konkret atau nyata, yang menurut Bruner ini adalaha tahap enactive. Sekarang kita belajar mengidnetifikasi wujud benda dengan tahapan symbolic, dengan cara mendengar atau membaca.
Pada pembelajaran kali ini, kita buat dengan cara permainan, nggak tahu apa namanya, dinamakan talking stick tapi yang digunakan bukan stick melainkan sebuah botol plastik bekas mengidentifikasi wujud benda sebelumnya, atau dinamakan bola salju (bola mengalir) bentuknya tidak seperti bola bulat. Lepas dari apa namanya itu, proses pembelajaran dimulai dengan membagikan potongan-potongan kertas kecil pada masing-masing siswa sebanyak 5 buah. Kemudian siswa diminta untuk menuliskan nama benda pada potongan kertas tersebut, baik benda padat, cair, dan gas. Setelah selesai, potongan tersebut diminta untuk dimasukkan ke dalam botol, dan sebelumnya potongan kertas tersebut dilipat sehingga nama benda yang dituliskan tidak terlihat.
Setelah terkumpul semua, siswa diminta untuk membuat lingkaran. Ketika lingkaran sudah terbentuk, siswa diminta untuk menyanyikan lagu yang berkaitan dengan wujud benda, seperti lagu balonku ada lima, wujud benda, dan sebagainya, serta mengoper botol yang dipegang secara bergantian. Ketika lagu selesai dan siswa yang memegang botol diminta untuk mengambil satu lipatan potongan kertas yang ada di botol, kemudian diminta untuk membacakan benda apa yang didapat, serta mengidentifikasinya apakah termasuk benda padat, cair, atau gas. Begitu seterusnya.

********









SD Darul Ulum
Jl. Hangtuah XA/363 Ngemplakrejo Kota Pasuruan
Telp. (0343) 421801, E-mail: sdsdarul.ulum@yahoo.co.id

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Sunday 1 October 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA
 

0 comments:

Post a Comment