STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING IMWR

Strategi Scaffolding IMWR (Inspiring-Modeling-Writing-Reporting) merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan guna melengkapi strategi scaffolding sebelumnya dengan menambahkan langkag inspiring. Scaffolding merupakan memberikan siswa dengan banyak dukungan selama tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi dukungan tersebut, setelah siswa mampu mengambil tanggung jawab yang diberikan secara mandiri. Langkah inspirasi sangat penting bagi siswa dalam pembelajaran, karena langkah ini dapat membantu siswa menghubungkan antara pengalaman atau pengetahuan sebelumnya dengan materi atau keterampilan yang akan dipelajari. Siswa diharapkan mampu mengkonstruk pengetahuannya dengan menambahkan langkah inspiring ini. Menginspirasi merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang pendidik, karena dengan menginspirasi siswa akan melakukan proses berpikir untuk menghubungkan pengalaman atau pemahaman awalnya. Inspiring mempunyai tujuan untuk mendorong atau menggalai rasa ingin tahu siswa, sehingga terdorong untuk mempelajari materi yang akan dipelajari.

Strategi IMWR ini digunakan untuk melatih keterampilan yang merupakan langkah pendekatan sainstifik dengan cara menginspirasi siswa untuk belajar konsep dan keterampilan menemukan konsep. Guru akan memodelkan (modelling) keterampilan tersebut jika siswa belum mampu melakukannya, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk meniru keterampilan yang telah dimodelkan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengomunikasikan keterampilan yang telah dilakukan untuk menemukan konsep. Pada kegiatan mengomunikasikan ini, siswa diminta untuk menulis (writing) apa yang telah dimodelkan oleh guru, sebagai wujud hasil belajar. Setelah siswa menuliskannya, kemudian siswa diminta untuk melaporkan (reporting), hal ini bertujuan untuk mendorong keterampilan komunikasi secara lisan dan interaksi sosial.


Tulisan ini merupakan review dari ringkasan disertasi Nur Wakhidah yang berjudul “Strategi Scaffolding Inspiring-Modelling-Writing-Reporting (IMWR) Dalam Menerapkan Pendekatan Sainstifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep”, pada sidang terbuka Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Kamis, 8 Desember 2016. 

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING IMWR ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Monday 12 December 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING IMWR
 

0 comments:

Post a Comment