Semua Sudah Diatur

Jangan pernah berburuk sangka atas takdir kejadian yang Allah Swt. berikan kepada diri kita. Karena apa yang semua Allah Swt. berikan kepada kita sudah diatur oleh Allah Swt. demi kebaikan kita, demi kemaslahatan kita, serta demi rencana-rencana yang terbaik buat kita.

Kita hanya bisa berencana, tetapi semua kembali kepada Allah Swt. yang menentukan. Karena kita tahu apa yang terbaik buat kita, karena yang menciptakan adalah Allah Swt., tidak mungkin kita diciptakan di dunia ini tanpa rencana yang terbaik dari Allah Swt., makanya kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan berusaha. Tapi kenapa kita masih merasa kecewa ketika gagal?.

Ingat, ada rukun iman yang keenam, yaitu qodho’ dan qodhar Allah Swt. Qodho’ merupakan ketentuan Allah Swt. 5.000 tahun sebelum manusia diciptakan, sementara qodhar adalah ketentuan Allah Swt. yang sudah terjadi. Kalau sudah begitu, kita sudah berencana, serahkan sepenuhnya kepada Allah Swt. apapun yang terjadi itu terserah Allah Swt., karena apabila takdir itu terlaksana,  bisa saja itu sesuai dengan harapan kita, dan sebaliknya bisa jadi  tidak sesuai dengan harapan kita. Akan tetapi,  itu adalah yang terbaik baik buat kita, karena tidak mungkin Allah Swt mendholimi makhluk-Nya, hanya pikiran kita saja yang tidak sampai kepada rencana Allah Swt., jadi tidak usah muluk-muluk untuk mencari apa sich yang menyebabkan tidak sesuai dengan harapan. Kegagalan ini sebenarnya mengajarkan kita agar bisa sadar, dan menyiapkan untuk menghadapi kegagalan yang lebih besar dari sebelumnya.

Tetapi ingat, dibalik takdir ada yang namanya nasib. Kalau takdir adalah ketentuan Allah Swt. kalau nasib adalah usaha manusia. Yang penting usaha kita sudah maksimal. Itu sudah cukup, dan yang penting juga adalah tidak adanya penyesalan. Penyesalan yang tidak bagus adalah, kenpa aku tidak berbuat seperti itu?, kenapa Allah melakukan seperti ini?.  Kata-kata kenapa, seandainya jangan ada dalam pikiran kita, karena semuanya sudah diatur oleh Allah Swt., semuanya apa yang terjadi pasti ada hikmahnya.

Yang terpenting dalam hidup ini sekarang adalah, bagaimana kita berusaha semaksimal mungkin dalam bekerja, perkara itu gagal atau sukses itu adalah urusan belakangan, karena semuanya sudah diatur oleh Allah swt.


(Ringkasan Islam Itu Indah di Trans TV Tanggal 8 Mei 2016)

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Semua Sudah Diatur ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Saturday 14 May 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Semua Sudah Diatur
 

0 comments:

Post a Comment