PRESENTASI UPAYA MELATIH KEBERANIAN PESERTA DIDIK
Presentasi merupakan kegiatan menyampaikan ide atau gagasan di
depan orang lain. Di dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan presentasi biasanya
dilakukan ketika selesai melakukan diskusi kelompok, melakukan observasi atau
pengamatan, serta setelah melakukan tugas berbasis proyek.
Kegiatan presentasi setidaknya dilakukan oleh tiga orang, yaitu
sebagai moderator, notulen, dan penyaji materi. Moderator merupakan orang yang
bertugas untuk membuka dan menutup presentasi, serta mengatur jalannya
presentasi. Notulen disebut juga sebagai sekretaris, tugasnya yakni mencatat
pertanyaan yang disampaikan oleh pendengar serta membuat sebuah kesimpulan dari
kegiatan presentasi yang telah dilakukan. Penyaji materi yaitu orang yang
bertugas menyampaikan apa yang menjadi pokok pembahasan, bisa dikatakan penyaji
materi adalah narasumber.
Di tingkat Sekolah Dasar presentasi merupakan kegiatan yang perlu diajarkan
kepada peserta didik. Karena dengan kegiatan presentasi, peserta didik dapat
dilatih keberanian untuk berbicara di depan umum. Akan tetapi, seoarang guru
sebelum kegiatan presentasi dimulai, peserta didik diberikan arahan bagaimana
tugasnya seorang moderator, seorang notulen dan seorang penyaji, serta
memberikan contoh cara membuka dan menutup kegiatan presentasi, seperti berikut
ini:
· Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kami
dari kelompok ……………. akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami tentang
……………., Sebelumnya perkenalkan nama saya
……………. sebagai moderator, Di samping saya ……………. sebagai notulen, dan …………….
sebagai penyaji.
Langsung
saja hasil diskusi kami akan dibacakan oleh …………….
·
(penyaji
membacakan hasil diskusi)
· Terimah kasih disampaikan kepada penyaji, demikian pembacaan hasil
diskusi kami, apakah ada pertanyaan dari teman-teman semuanya
· (sesi tanya jawab)
· Demikian presentasi dari kelompok kami, mohon maaf apabila ada kata-kata
dan perilaku yang tidak berkenan dihati teman-teman semuanya.
Kami akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan memebrikan contoh seperti di atas, diharapkan peserta didik
tahu akan urut-urutan dalam presentasi, sehingga jalannnya presentasi bisa
efektif dan efisien. Selain itu, kita juga perlu mmeberikan pengarahan kepada penyaji materi mengenai hasil diskusi
yang akan dibacakan di depan teman-temannya, bahwasannya tidak perlu semua
hasil diskusi perlu dibacakan, hanya inti dari hasil diskusi yang perlu
dibacakan atua yang penting saja.
Selain melatih keberanian berbicara di depan orang banyak
moderator, notulen, dan penyaji materi, presentasi juga melatih keberanian
berbicara pendengar, karena dalam kegiatan presentasi ada sesi tanya jawab, di
mana seorang pendengar bisa mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang
melakukan presentasi mengenai sesuatu yang belum dimengerti.
0 comments:
Post a Comment