Dalam
kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu
untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Menurut Gagne (dalam
Solihatin, 2013: 185), media pembelajaran merupakan berbagai jenis komponen
yang ada dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Lebih
lanjut, Gerlach dan Ely (dalam Sanjaya, 2006: 163), membagi secara umum media
pembelajaran terdiri atas: orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang
menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan,
keterampilan, dan sikap. Berdasarkan pendapat para ahli tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa begitu pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran,
karena fungsi dari media pembelajaran adalah merangsang siswa untuk belajar,
sehingga diperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebagaimana, pendapat
Sudjana dan Rivai (2010: 2), yang menyatakan manfaat media pembelajaran adalah:
(1) pembelajaran lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan
motivasi belajar, (2) bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga
dapat lebih dipahami oleh siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran
lebih baik, (3) metode pembelajaran lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi
verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan
guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar setiap jam pembelajaran,
serta (4) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya
mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati,
melakukan, mendemontrasikan, dan lain sebagainya.
Berikut
ada sebuah media pembelajaran yang berjudul “Keliling Kalimantan Yuk!” karya
dari Dian Lestari yang bisa kita manfaatkan dalam pembelajaran kelas IV Tema 1 “Indahnya
Kebersamaan”. Media ini sangatlah menarik kita gunakan, karena selain siswa
dapat informasi tentang daerah Kalimantan, dalam CD media pembelajaran ini juga
diselingi dengan permainan, sehingga bisa membuat siswa lebih aktif dan
antusias dalam pembelajaran. Bagaimana sich isi dan cara menggunakan CD
pembelajaran ini:
1. Masukkan
CD Room ke dalam Drive CD Room, kemudian akan muncul gambar seperti di bawah
ini. Setelah itu, klik Ok untuk memulainya.
2. Ketika
sudah masuk dalam permainan, pertama kita akan diminta untuk memilih karakter
orang yang akan keliling Kalimantan. Dalam CD ini ada dua karakter, cewek dan
cowok. Setelah kita memilih karakter, kita diminta untuk memberi nama akan karakter tersebut, kita bisa
menamainya dengan nama kita atau nama orang lain. Kalau sudag klik “mulai”
untuk mulai berkeliling Kalimantan.
3. Dalam
media pembelajaran CD keliling Kalimantan Yuk ini, ada dua pilihan arah jalan
untuk berkeliling, arah kiri yang menunjukkan pada “Harmonisasi Nusantara” dan
arah akan menuju “Jelajah Pulau”, mari kita jelajahi satu per satu.
a. Harmonisasi
Nusantara
Pada penjelajahan arah
ini kita akan melewati 3 penjelajahan yaitu harmoni suara, puzzle nusantara,
dan harmoni busana. Pada harmoni suara, kita bisa mendengarkan suara alat musik
dan hewan dengan cara mengkliknya. Selain itu, kita bisa mengklik semua alat
musik secara bersamaan, sehingga menghasilkan lantunan nada musik yang bagus. Pada
puzzle nusantara, kita diminta untuk munyusun puzzle lambang daerah provinsi
yang ada di Kalimantan, mulai Kalilamtan Barat, Timur, Tengah, dan Selatan. Sedangkan
untuk harmoni busana, kita diminta untuk memasangkan pakaian khas dari
Kalimantan mulai dari penutup kepala, pakaian atas, dan pakaian bawah. Dalam harmoni
busana kita juga bisa memilih karakter cowok atau cewek.
b. Jelajah
Pulau
Pada arah jelajah
pulau, pertama kali kita akan ditampilkan pulau Kalimantan dan informasi
sekilat tentang pulau Kalimantan. Untuk berkeliling masing-masing provinsi yang
ada di Kalimantan tersebut kita tinggal klik pada peta, provinsi mana yang
hendak kita jelajahi, misalnya kita mau menjelajahi Kalimantan Barat.
Setelah mengklik Kalbar pada peta,
kita langsung akan dibawa ke Kalbar, disitu kita pertama kali akan disambut
oleh seeker monyet yang juga memberikan penjelasan bahwa selama keliling Kalbar
kita diminta untuk mengumpulkan 9 medali, karena kita akan melewati sembilan
pos (tempat) yang masing-masing akan memberikan informasi tentang Kalbar, mulai
dari lambang daerah, tradisi adat, alat musik dan lagu daerah, rumah adat,
tarian adat, senjata adat, fauna khas, cerita rakyat, serta flora khas. Lantas
bagaimana caranya kita mendapatkan medali, ketika kita sampai di masing-masing
pos tersebut, setelag kita membaca informasi yang ada, disitu juga ada
permainan, nach.. dengan cara melakukan permainan itulah kita bisa untuk
mendapatkan medali.
0 comments:
Post a Comment