PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA

Selama ini metematika dianggap sebagai cabang ilmu yang bersifat netral dengan suatu budaya, yang tidak terikat dan diangkat dari nilai-nilai sosial (Bishop, 1993; D’Ambrioso, 1990). Matematika selalu diajarkan di sekolah sebagai mata pelajaran yang tidak bergantung pada budaya, hanya melibatkan pembelajaran dengan tujuan secara umum yang disertai dengan fakta, konsep, dan materi. Matematika diajarkan secara akademik yang terdiri atas bagian dari pengetahuan yaitu fakta, algoritma, aksioma, dan teorema.

Pada dasarnya sekolah merupakan tempat kebudayaan, karena proses belajar merupakan proses pembudayaan yakni untuk pencapaian akademik siswa, untuk membudayakan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan tradisi yang ada dalam suatu komunitas budaya. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan pembelajaran matematika di sekolah, juga bisa dikaitkan dengan kebudayaan yang ada pada komunitas budaya tempat tinggal siswa.

Pembelajaran matematika berbasis budaya atau yang sering disebut sebagai etnomatematika mengacu pada konsep-konsep matematika yang tertanam pada pratik-praktik budaya dan mengakui bahwa semua budaya dan semua orang mengembangkan metode unik memahami dan mengubah realitas komunitas budaya (Orey, 2000). Etnomatematika merupakan sebuah studi tentang perbedaan cara masyarakat memecahkan masalah matematika dan algoritma praktis berdasarkan perspektif matematika masyarakat sendiri. Etnomatematika mengacu kepada bentuk-bentuk matematika yang bervariasi sebagai konsekuensi yang tertanam dalam kegiatan budaya.

Menurut Rowlands dan Carson (2002), ada empat kemungkinan etnomatematika dimasukkan dalam pembelajaran matematika sekolah, yang mana etnomatematika mempunyai peranan yang relatif sama terhadap matematika formal, yaitu: (1) pengganti matematika sekolah, (2) penyuplai matematika sekolah, (3) batu loncatan ke matematika sekolah, dan (4) motivasi untuk matematika sekolah.

Pembelajaran matematika berbasis budaya merupakan salah satu cara yang dipersepsikan dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna dan kontekstual yang sangat terkait dengan komunitas budaya, di mana matematika dipelajari dan akan diterapkan nantinya, karena selaras dengan komunitas budaya tempat tinggalnya, serta menjadikan pembelajaran matematika yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, pengetahuan matematika juga dapat diperoleh siswa di luar sistem terstruktur pembelajaran matematika seperti di sekolah. Berikut contoh pengetahuan matematika yang diperoleh dari luar sekolah:

1.  Pengukuran: satuan luas yang masih berlaku sampai sekarang di daerah penghasil tebu seperti: Jombang, Kediri, Sidoarjo, Madiun, dan Ngawi yaitu satuan yang berkaitan dengan jual beli sawah atau kebun. Satuan tersebut yaitu bata (baca boto) yang ekuivalen dengan ru. Hubungan bata, ru, dan satuan baku adalah 1 ru = 1 bata = 14,2 m2. Di samping itu, satuan luas yang populer di Jawa Timur bagian selatan adalah bau, dengan 1 bau setara dengan 700 m2. Serta, satuan lainnya seperti: kedok dan catu untuk jual beli sawah (1 kedok = 5.000 m2, 1 catu = 2.500 m2), rean untuk jual beli nener (anakan ikan/udang), yang mana 1 rean setara dengan 5.000 nener.

2.    Geometri: banyak produk anyaman bambu yang dapat digunakan sebagai pembelajaran matematika di bidang geometri, seperti: kukusan dan topi petani sebagai model dari kerucut, serta wuwu dan rinjing sebagai model dari kerucut terpancung.   

Contoh di atas merupakan suatu kebudayaan dari suatu komunitas budaya, yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika yang berbasis budaya. Akan tetapi, sebelum menggunakannya dalam pembelajaran, perlu adanya suatu analisis yang mendalam terhadap kebudayaan tersebut, terkai dengan sesuai atau tidaknya dengan materi yang akan diajarkan. Setidaknya, kebudayaan tersebut minimal bisa menjadi sebuah muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah.


Tulisan ini merupakan review dari Makalah Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd yang berjdul “Etnomatematika: Sebagai Batu Pijakan Untuk Pembelajaran Geometri dan Penanaman Karakter” yang disajikan pada SeNdiMat Ke-3 PPPPTK Matematika pada tanggal 11-12 November 2015 di Yogyakarta.
 

REZEKI NOMPLOK DARI KONTES BLOG

A.  Identitas Buku

Judul Buku      : Rezeki Nomplok dari Kontes Blog
Penulis             : Harris Maulana                        
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo
Kota Terbit      : Jakarta
Tahun Terbit    : 2012
Tebal Buku      : xi + 98 halaman




B.  Isi Buku 

Blog, yang merupakan singkatan dari web log adalah betuk aplikasi yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini, meskipun tidak selamanya demikian, sering kali dimuat dalam urutan terbalik, isi yang paling terbaru dahulu, baru kemudian diikuti isi yanglebih lama. Situs seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Jadi, blog sebenarnya hampir sama dengan sebuah situs internet pada umumnya, namun konten atau isi blog lebih personal sesuai dengan minat dan hobi penulis dalam mengisi situs yang dimiliki itu.

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi ketika kita memenangkan sebuah kontes blog. Selain, menggapai popularitas di jagat maya, kita juga bisa memenangkan berbagai hadiah seperti: gadget atau bahkan bisa jalan-jalan ke luar negeri. Semuanya itu, bisa kita dapatkan dengan cara memenangkan kontes blog. Berikut tip dan trik cerdas untuk memenangkan kontes blog:

Memilih dan Membuat Sebuah Blog
Seorang blogger tentu saja harus mempunyai sebuah blog, karena blog merupakan sarana untuk menyiapkan tulisan kita. Dan apabila kita ingin mengikuti lomba blog, tentu saja kita juga harus punya blog yang dapat diikutsertakan. Membuat blog adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Posesnya cepat dan sederhana, bergantung koneksi internet yang terpasang. Ketika kita akan membuat sebuah blog, maka kita akan dihadapkan pada dua pilihan: blog yang berbayar dengan menggunakan web-hosting dan menggunakan domain (.com) di belakang alamatnya, atau yang sama sekali gratis atau tidak berbayar. Itu semua bergantung dari kebutuhan dan tujuan kita ngeblog. Jika ingin serius mengembangkan diri di dunia maya, maka pilihlah blog yang berbayar, karena itu bagus untuk personal branding atau memperkuat citra diri bahwa anda adalah seorang blogger yang serius. Akan tetapi, jika kita hanya sekedar ingin menyalurkan hobi menulis, maka blog yang gratis pun tidak masalah. Adapun situs blog yang gratis seperti: Blogspot (Blogger), Multiply, Wordpress, Kompasiana, Blogdetik, Dagdigdud, dan sebagainya.

Mencari Kontes Blog yang Bekualitas
Jika kita mengikuti kontes blog, maka kita harus selektif memilih mana yang harus diikuti. Lihat dulu penyelenggaranya. Apakah memiliki kredibelitas yang baik atau tidak, serta profesional. Untuk mencari kontes blog, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh di antaranya: (1) mencari informasi lomba melalui google, (2) mencari informasi melalui situs jejaring sosial, (3) mencari informasi lomba blog melalui komunitas blogger, (4) mencari informasi dari situs penyelenggara lomba blog. Setelah kita menemukan sebuah kontes blog yang kita kehendaki, maka yang perlu diperhatikan juga adalah melihat batas waktu pengiriman tulisan alias tenggat yang ditentukan oleh penyelenggara. Karena untuk mengikuti sebuah lomba kita tidak boleh terburu-buru, karena akan memengaruhi kualitas tulisan akibat dikejar deadline. Kita membutuhkan waktu untuk me-review kembali tulisan kita, apakah masih ada kekurangan atau yang lainnnya.

Bereksplorasi dan Mulailah Menulis
Setelah menemukan lomba blog yang akan diikuti, mulailah bereksplorasi, berkeskplorasi dengan fitur pencarian di google, situs referensi dari luar negeri, serta referensi selain dari internet sesuai dengan tema yang diinginkan oleh penyelenggara. Dengan memiliki data hasil ekplorasi yang lengkap, tentu akan menjadikan tulisan kita berbobit dan bermanfaat untuk orang lain. Kita bisa memulai menulis dengan memberikan gambaran umum tentang suatu tema, setelah itu membahas tentang materi sesuai dengan tema yang dilombakan, mulai dari latar belakang, kemudian dirangkai dengan maksud dan tujuan penulisan, serta pembahasan permasalahan (jika ada) dan ditutup dengan solusi atau ide yang kita usulkan, terutama yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga dalam tulisan kita di antaranya adalah: (1) judul, karena judul adalah pintu utama ketika membaca. Buatlah judul yang menarik, menggelitik, dan mengundang rasa penasaran orang membaca. (2) isi yang benar-benar padat, berisi, dan bermutu, (3) penutup yang konklusif, (4) menggunakan foto sebagai pelengkap dan penguat tulisan, (5) selalu cantumkan sumber referensi, (6) pilihlah post label yang menarik, dan (6) periksalah kembali tulisan.

SEO dan Linking-Trik Jitu Promosi Blog di Internet
Setelah selesai menulis dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku, silahkan posting. Setelah posting, maka langkah berikutnya adalah mempromosikan dengan menggunakan teknik SEO alias Search Engine Optimization. SEO merupakan teknik promosi yang dilakukan dengan meng-input tautan atau url tulisan kita agar terindeks oleh google. Dengan melakukan SEO, maka tulisan kita akan menjadi lebih berpeluang untuk segera terdeteksi di google jika ada orang (atau juri atau penyelenggara lomba) yang ingin mencari tulisan tersebut. Setelah proses SEO selesai, maka selanjutnya adalah melakukan linking tulisan tersebut ke media sosial seperti facebook, twitter, ataupun google +. Dengan langkah ini cukup efektif apabila jika kita sudah memiliki banyak teman atau follower.

Personal Branding
Setelah selesai melakukan proses WPSL (Writing, Postig, SEO, Linking) kini kita tinggal menunggu pengumuman pemenang. Namun, kita tidak boleh terpaku pada hal tersebut, kita hanya perlu mencatat tanggal pengumuman dan situs mana yang kita ikuti lomba. Dan saat menunggu pengumuman tersebut, kita bisa memanfaatkan waktu untuk mencari lomba blog yang lainnya.


Semua Tip dan trik di atas merupakan sebuah tip dan trik yang disudah dibuktikan oleh penulis (Harris Maulana) dan terbukti berhasil. Dari kontes blog banyak yang beliau dapat, mulai dari gadget, seperti telepon seluler, modem internet, berbagai voucher, jalan-jalan keliling Indonesia selama 19 hari (Jambi, Sumbar, Sumut, dan Aceh), serta mendapatkan sebuah rumah. Tak ada salahnya kita mencoba dan berguru dari blogger yang sukses dari seperti beliau, dengan mencoba dan mempraktikkan tips dan trik tersebut. selamat mencoba dan semoga sukses.
 

DARI A SAMPAI Z INDONESIA MEMANG KEREN


Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari sabang sampai merauke. Dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, Indonesia memiliki beragam kebudayaan, mulai dari suku, makanan, tarian, hingga rumah adat. Selain itu, Indonesia juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah kerennya dengan negara lain. Berikut kekerenan Indonesia dari A sampai Z:

A
Agama utama di Indonesia ada 6, yaitu Islam, Kristen (Protestan), Katolik, Budha, Hindu, dan Kong Hu Cu (Confusius)
B
Bahasa daerah berjumlah 748 bahasa
C
Candi Borobudur pernah menjadi 7 keajaiban dunia, yang bersanding dengan Taj Mahal di India
D
Dari Sabang sampai Merauke, wilayah Indonesia terbentang
E
Enak-enak makannya. Setiap daerah memiliki jenis makanan tradisional yang berbeda-beda, misalnya gado-gado dari Jakarta, rawon dari Jawa Timur, gudeg dari Yogyakarta, rendang dari Padang, serta pempek dari Palembang.
F
Flora dan faunanya terlengkap di dunia. Indonesia memiliki mamalia lebih dari 500 jenis, kupu-kupu lebih dari 100 jenis, reptil lebih dari 600 jenis, burung lebih dari 1.500 jenis, dan Amfibi lebih dari 250 jenis.
G
Garuda merupakan lambang negara Indonesia, yang mana jumlah bulunya melambangkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 (17 helai pada masing-masing sayap, 8 helai pada ekor, 19 helai pada di bawah perisai atau pangkal ekor, dan 45 helai pada leher).
H
Habibie, Presiden Indonesia ke-3 adalah pemegang 46 hak paten di bidang aeronautika dunia.
I
Irian Jaya yang kini berubah menjadi Papua, merupakan wilayah Indonesia paling ujung timur dengan tambang emas terbesar di dunia. Pada tahun 2011, 1,444 juta once emas diproduksi.
J
Jakarta ibukota Indonesia, kota metropolitan yang memiliki segudang tempat wisata, seperti Monumen Nasional (Tugu Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua Jakarta, Masjid Istiqlal, dan sebagainya.
K
Ketoprak. Jika di Yogyakarta berarti sejenis seni pentas drama tradisional. Sedangkan di Jakarta, ketoprak merupakan sebuah jenis makanan.
L
Lombok: Pulau seribu masjid, yang menyuguhkan beraneka macam tempat wisata, misalnya: Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Wisata Budaya Rumah Adat Dusun Sade, dan sebagainya.
M
Maritim. Dua pertiga luas keseleruhan Indonesia berupa lautan.
N
November 2013, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Taman Bungkul Surabaya sebagai taman terbaik se-Asia.
O
Orang-orangnya murah senyum. Senyum bak bentuk sapa, tak jarang setiap kali berjumpa dengan orang lain, meskipun tidak dikenalnya kita saling terbar senyum.
P
Pulau Komodo merupakan salah satu tujuh keajaiban warisan alam yang ada di dunia kini.
Q
Queen of Dangdut is Elvi Sukaesih. Dangdut merupakan salah satu genre seni musik populer tradisional dan asli Indonesia. Musik dangdut merupakan perbaduan antara alat musik Indonesia, Arab, India, dan Barat yang dimainkan secara bersama-sama. 
R
Reog Ponorogo kesenian asli Indonesia, yang pernah diklaim milik Malaysia.
S
Soekarno presiden pertama Indonesia, karena ketegasan dan kecerdasannya membuat pria yang akrab dipanggil Bung Karno ini dikagumi oleh masyarakat dunia, sampai-sampai nama Soekarno diabadikan menjadi nama jalan di Rusia, Maroko, dan Pakistan
T
The Big Mouslem Population, negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia.
U
UNESCO telah menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity)
V
Vahombo Batu atau lompat batu adalah olahraga tradisional suku Nias, yang harus melompati susunan bangunan batu setinggi 2 meter.
W
Wak wak kung merupakan permainan tradisional asli Betawi, atau sering juga disebut permainan ular naga. Di daerah lain, permainan ini memiliki nama lain seperti di Pasuruan, Jawa Timur dikenal dengan nama permainan Bor selebor.  
X
X-treme dan uji adrenalin pun bisa kita temui tempat wisata di Indonesia, seperti wisata kereta gantung di Yogyakarta, Kuburan Trunyan di Bali, dan arung jeram di sungai Alas, Aceh Tenggara.
Y
Yogyakarta, kota budaya di Indonesia, yang mana hingga kini masih tetap melestarikan sistem kesultanan.
Z
Zamrud Khatulistiwa, sang permata berharga berwarna kehijauan yang dilewati garis khatulistiwa. Memang, jika dilihat dari langit, Indonesia memiliki penampakan yang hijau karena hutan-hutan yang dimiliki, serta Indonesia merupakan negara yang tepat dilalui garis khatulistiwa di Pontianak (Kalimantan Barat).


Artikel ini diikutkkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2
 

PEMANDIAN UMBULAN

Senin, 26 Desember 2016

Pagi itu, tidak ada planning untuk jalan ke mana, karena masih disibukkan dengan tugas akhir. Tetapi, rasa jenuh di depan laptop untuk ngetik ditambah dengan aku orangnya yang nggak bisa diam, pengen jalan ke sana ke mari akhirnya hari itu ku putuskan untuk pergi ke pemandian Umbulan. Umbulan merupakan sebuah sumber mata air yang berada di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Dari pusat kota Pasuruan, kurang lebih 30 menit waktu tempuh perjalanan ke arah timur.

Umbulan merupakan sumber penyaluran air PDAM bagi masyarakat Pasuruan sendiri, bahkan sampai dengan masyarakat Surabaya. Selain untuk PDAM, Umbulan juga dimanfaatkan sebagai pemandian, serta kebanyakan orang datang juga untuk mencuci karpet. Karena apa?, selain ada dua kolam besar, di Umbulan juga terdapat beberapa sungai, dan sungai inilah yang dimanfaatkan untuk orang-orang untuk mencuci karpet.

Dengan tiket masuk Rp. 5.000/orang kita bisa menikmati pemandian Umbulan. Ketika itu yang menjadi tujuan pertama ada kali santer (sungai dengan aliran/arus yang sangat deras). Kali ini terdapat di bagian sebelah utara Umbulan. Lebar kali ini mungkin tidak sampai 1 meter, dan ketika kita renang di kali ini kita akan merasakan yang namanya hanyut terbawa oleh arus. Selain itu, masih di kali santer kita juga dapat menikmati mandi di gerojogan dan semacam bendungan, serta hijaunya sawah.


Puas dengan mandi di kali santer, saatnya untuk pindah haluan ke pemandian utama Umbulan yang berada di sebelah selatan. Untuk yang tidak bisa renang, jangan khawatir karena ada beberapa bagian yang dangkal. Karena terdapat bebatuan dan pipa PDAM di bawahnya, serta kita juga bisa nyewa ban jika ingin berenang sampai ke tengah. Di kolam sebelah selatan ini, terutama di paling ujung selatan sendiri, kita bisa menikmati renang bersama dengan ikan. Serta, kita juga bisa berfoto di atas bebatuan. So.. tidak ada salahnya pemandian Umbulan dijadikan list tempat wisata yang patut kita kunjungi ketika liburan. Selain tiket masuknya terjangkau, kita bisa berbaur dengan alam, sawah yang hijau serta sungai yang mengalir jernih di sekelilingnya.








 

PERMAINAN DAN DAYA INGAT

Anak adalah senajata bagi masa depan kita dan merupakan tonggak harapan bagi perkembangan bangsa ini. Setiap orang tua selalu menginginkan agar anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas, genius, kreatif, berbakat, dan tentunya sukses di kemudian hari. Sehingga, berbagai cara dilakukan oleh para orang tua untuk menemukan bakat anak tersebut. Misalnya, dimasukkan ke sekolah, diikutsertakan kursus atau les privat, dan lainnya yang mendukung perkembangan anak tersebut. Cara seperti itu tentunya tidak salah, sekalipun bukan jalan satu-satunya.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang tidak dapat diabaikan begitu saja oleh orang tua. Apabila ingin si buah hati mendapatkan pertumbuhan yang optimal, tidak ada salahnya jika kita sebagai orang tua yang gemar bermain permainan, ikut memberikan stimulus yang baik kepada anak-anak kita dengan sebuah permainan pula. Karena dengan rangsangan semacam ini maka akan mampu memancing otak si anak untuk memfungsikan kekuatan bakatnya.

Bermain adalah hal yang sangat penting dalam dunia anak, sebab bermain sama halnya dengan bekerja bagi anak-anak. Dunia anak adalah dunia bermain, dan belajar yang bersifat alami adalah dengan bermain. Anak-anak mendapat bermacam-macam pengetahuan dari bermain. Contohnya: dengan bermain sebagai seorang guru, anak bisa berlagak meniru menjadi seorang guru dengan mengajar murid. Dengan demikian, anak dapat mengenal sebuah profesi dan dapat mengatasi berbagai hambatan yang dialami oleh guru.Beberapa manfaat bermain adalah melatih fisik, kecerdasan dan ketangkasan otak. Dengan  bermain, secara otomatis anak diberi kesempatan untuk menyelesaikan kesulitan dengan kemampuannya sendiri.

Bermain tidak harus dengan mainan yang dibeli di toko-toko mainan apalagi yang harganya mahal. Apapun yang ada di rumah bisa kita jadikan inspirasi untuk bersama anak. Tidak hanya itu, kita juga bisa sekaligus dapat membangkitkan kreativitas dan menerbangkan imajinasi mereka yang sangat tinggi. Berikut salah satu contoh permainan yang dapat mengasah berbagai aspek perkembangan si kecil:

Boneka Karton
Permainan ini merupakan tebak-tebakan untuk melatih ingtan si anak dalam memahami sebuah gambar. Dengan permainan boneka karton ini, diharapkan anak mampu mengetahui perbedaan berbagai macam boneka yang ada, baik dari segi bentuk, warna, serta bagian mana yang depan dan belakang.
Cara bermain:
Perlihatkan salah satu gambar muka yang utuh kepada anak, lalu tanyakan “Bonekanya berwarna apa atau sedang apa?

Perlihatkan kembali salah satu muka boneka lalu sebutkan kalau “Ini depan”, dan baliknya sebutkan “Ini belakang”

Dan seterusnya
Bahan permainan:
Banyaknya boneka terserah yang diinginkan anak. Minimal 3 buah muka boneka dari kertas manila yang digambar dengan pensil warna masing-masing dengan mimik tersenyum, cemberut, tertawa. Sedangkan bagian belakangnya dibiarkan polos.

Permainan boneka karton di atas merupakan satu contoh jenis permaian yang bisa melatih ketajaman otak anak serta melejitkan daya ingatnya yang ada di bukunya A. Suciaty al-Azizy yang berjudul “Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya!”. Dalam buku tersebut, masih banyak jenis permaian yang lain seperti sarung tangan halo, ning nang ning nong, jejak-jejak dinding, dan sebagainya. Yang mana, semua jenis permainan itu bisa kita kreasikan dan buat sendiri di rumah. Jadi, untuk menjadikan otak anak kita dengan daya ingat yang tinggi tidak perlu dengan harga mahal, dengan kreatifitas yang kita punya bisa menjadikan anak kita menjadi hebat.


Tulisan ini merupakan hasil review dari buku karya A. Suciaty al-Azizy yang berjudul “Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya!”.
 

PAKEMATIK

PAKEMATIK merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PAKEMATIK merupakan pengembangan strategi pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang telah lebih dulu dikenal di dunia pendidikan di Indonesia, akan tetapi perbedaannya hanyalah pada pemanfaatan atau integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran aktif (active learning) dengan tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.

Awal mula istilah PAKEM muncul dari istilah AJEL (Active Joyful and Effective Learning). PAKEM mulai banyak digunakan sejak tahun 1999, yaitu pada saat UNICEF dan UNESCO membantu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia dengan program CLCC (Creating Learning Communities for Children) yang kemudian di Indonesia lebih dikenal dengan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Sejak saat itu untuk membandingkan antara pembelajaran yang berpusat kepada guru dan pembelajaran yang berpusat pada siswa, hampir semua program bantuan luar negeri di Indonesia, seperti PLAN, AUSAID, USAID, NZAID, dan Intel Education lebih suka menggunakan pendekatan konvensional dan pendekatan siswa aktif/PAKEM. Bahkan 2003 Departemen Pendidikan Nasional juga sering menggunakan istilah tersebut.

Implementasi PAKEM secara singkat digambarkan dalam buku pelatihan awal program MBS kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dengan UNESCO dan UNICEF adalah sebagai berikut: (1) siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemmapuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat (learning to do), (2)  guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa, serta (3) guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan ajar yang menarik dan menyediakan pojok baca.

Pada dasarnya peran TIK dalam PAKEM berfungsi sebagai media pembelajaran sebagaimana alat peraga. Jadi, fungsi TIK adalah membantu proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan lebih bermakna. Selain untuk menarik siswa untuk belajar, pemanfaatan dan integrasi teknologi di dalam kelas akan membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu, integrsi TIK di dalam kelas, juga mampu memberikan pengalaman baru kepada para siswa untuk dapat mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan atau problem solving (Wallace, 1993) yang mereka hadapi dalam kehidupan sebenarnya. Manfaat lainnya, penggunaan TIK dalam pembelajaran akan membuat siswa senang dan lebih rileks dalam belajar, hal itu tentu saja akan membuat siswa mudah dan menyerap pembelajaran yang disampaikan.

Integrasi dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran tidak hanya membekali para siswa dengan keterampilan teknologi yang canggih saja, namun lebih dari itu. pemanfaatan TIK harus pula mempromosikan berbagai hal seperti mendorong para siswa untuk berpikir kritis (tingkat tinggi), mendorong kerja sama dan kolaborasi, menggali kreativitas dan inovasi, memaksimalkan kemampuan komunikasi, dan yang tak kalah penting adalah pemanfatan TIK dapat membawa suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Dalam lingkungan belajar yang menyenangkan, siswa dapat dengan mudah mengingat apa yang telah dipelajari, karena proses pembelajaran tersebut memberikan kesan tersendiri terhadap peserta didik.

Dalam bukunya Winastwan Gora dan Sunarto (2010) yang berjudul “PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovasi berbasis TIK”, integrasi dan pemanfataan TIK dalam pembelajaran ada tiga yang bisa digunakan, yaitu: (1) strategi permainan interaktif memanfaatkan aplikasi presentasi, (2) strategi pembelajaran visual dengan peta konsep, dan (3) Strategi penceritaan digital (digital storytelling). Dalam tulisan ini, akan diberikan contoh pada point pertama yaitu strategi permainan interaktif memanfaatkan aplikasi presentasi. Misalnya adalah permaian tebak gambar di mana kelompok siswa akan menebak isi gambar yang ditampilkan oleh guru secara bertahap pada layar.
  








Tulisan ini merupakan review dari buku “PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK” karya Winastwan Gora, S.T., M.T. dan Sunarto, S.Pd., M.Pd.
 

KELILING KALIMANTAN YUK!

Dalam kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Menurut Gagne (dalam Solihatin, 2013: 185), media pembelajaran merupakan berbagai jenis komponen yang ada dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Lebih lanjut, Gerlach dan Ely (dalam Sanjaya, 2006: 163), membagi secara umum media pembelajaran terdiri atas: orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Berdasarkan pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa begitu pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran, karena fungsi dari media pembelajaran adalah merangsang siswa untuk belajar, sehingga diperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebagaimana, pendapat Sudjana dan Rivai (2010: 2), yang menyatakan manfaat media pembelajaran adalah: (1) pembelajaran lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, (2) bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, (3) metode pembelajaran lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar setiap jam pembelajaran, serta (4) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemontrasikan, dan lain sebagainya.

Berikut ada sebuah media pembelajaran yang berjudul “Keliling Kalimantan Yuk!” karya dari Dian Lestari yang bisa kita manfaatkan dalam pembelajaran kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Media ini sangatlah menarik kita gunakan, karena selain siswa dapat informasi tentang daerah Kalimantan, dalam CD media pembelajaran ini juga diselingi dengan permainan, sehingga bisa membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Bagaimana sich isi dan cara menggunakan CD pembelajaran ini:

1.  Masukkan CD Room ke dalam Drive CD Room, kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. Setelah itu, klik Ok untuk memulainya.


2.  Ketika sudah masuk dalam permainan, pertama kita akan diminta untuk memilih karakter orang yang akan keliling Kalimantan. Dalam CD ini ada dua karakter, cewek dan cowok. Setelah kita memilih karakter, kita diminta untuk  memberi nama akan karakter tersebut, kita bisa menamainya dengan nama kita atau nama orang lain. Kalau sudag klik “mulai” untuk mulai berkeliling Kalimantan.




3. Dalam media pembelajaran CD keliling Kalimantan Yuk ini, ada dua pilihan arah jalan untuk berkeliling, arah kiri yang menunjukkan pada “Harmonisasi Nusantara” dan arah akan menuju “Jelajah Pulau”, mari kita jelajahi satu per satu.


a.       Harmonisasi Nusantara
Pada penjelajahan arah ini kita akan melewati 3 penjelajahan yaitu harmoni suara, puzzle nusantara, dan harmoni busana. Pada harmoni suara, kita bisa mendengarkan suara alat musik dan hewan dengan cara mengkliknya. Selain itu, kita bisa mengklik semua alat musik secara bersamaan, sehingga menghasilkan lantunan nada musik yang bagus. Pada puzzle nusantara, kita diminta untuk munyusun puzzle lambang daerah provinsi yang ada di Kalimantan, mulai Kalilamtan Barat, Timur, Tengah, dan Selatan. Sedangkan untuk harmoni busana, kita diminta untuk memasangkan pakaian khas dari Kalimantan mulai dari penutup kepala, pakaian atas, dan pakaian bawah. Dalam harmoni busana kita juga bisa memilih karakter cowok atau cewek.







b.      Jelajah Pulau
Pada arah jelajah pulau, pertama kali kita akan ditampilkan pulau Kalimantan dan informasi sekilat tentang pulau Kalimantan. Untuk berkeliling masing-masing provinsi yang ada di Kalimantan tersebut kita tinggal klik pada peta, provinsi mana yang hendak kita jelajahi, misalnya kita mau menjelajahi Kalimantan Barat.



Setelah mengklik Kalbar pada peta, kita langsung akan dibawa ke Kalbar, disitu kita pertama kali akan disambut oleh seeker monyet yang juga memberikan penjelasan bahwa selama keliling Kalbar kita diminta untuk mengumpulkan 9 medali, karena kita akan melewati sembilan pos (tempat) yang masing-masing akan memberikan informasi tentang Kalbar, mulai dari lambang daerah, tradisi adat, alat musik dan lagu daerah, rumah adat, tarian adat, senjata adat, fauna khas, cerita rakyat, serta flora khas. Lantas bagaimana caranya kita mendapatkan medali, ketika kita sampai di masing-masing pos tersebut, setelag kita membaca informasi yang ada, disitu juga ada permainan, nach.. dengan cara melakukan permainan itulah kita bisa untuk mendapatkan medali.